Etika Pejabat Publik dan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tangerang
Main Article Content
Abstract
Artikel ini memeriksa tentang persoalan pengejawantahan etika publik oleh pejabat publik yang disinyalir akan berdampak terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Persoalan tersebut menunjukkan adanya keselarasan penerapan etika publik akan menentukan bagaimana nilai kualitas penyelenggaraan pelayanan oleh pejabat publik. Namun permasalahannya adalah apakah para pejabat publik sesungguhnya menerapkan nilai-nilai etika ataukah nir-etika dalam pelayanan publik terhadap seluruh masyarakat? Lokus yang tim penulis lacak terfokus pada penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Dalam memeriksa hal tersebut, kami menggunakan kerangka teori Etika Publik dan Pelayanan Publik sebagai pisau analisa. Adapun metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan varian ini akan mampu menyajikan persoalan secara deskriptif terkait dengan pokok permasalahan. Selanjutnya, tulisan ini sesungguhnya membuktikan adanya pengaruh penerapan etika terhadap kualitas pelayanan publik. Sayangnya, tim penulis mendapati bahwa kualitas pelayanan publik di lingkungan Kabupaten Tangerang masih kurang optimal dalam memanifestasikan etika publik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Journal of Social Politics and Governance journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Bantenhits.com. (n.d.). Kemenpan RB Tetapkan SP4N LAPOR Kabupaten Tangerang Percontohan Nasional. In 25/09/2019. https://bantenhits.com/2019/09/2 5/kemenpan-rb-tetapkan-sp4n- lapor-kabupaten-tangerang- percontohan-nasional/
Bertens, K. (2013). Etika (Kanisius).
Bisri, M. H., et al. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1.
Denhardt, K. G. (1988). The Ethics of Public Service: Resolving Moral Dilemmas in the Public Organizations. New York: Greewood Press.
Endah, K. (2018). Etika Pemerintahan dalam Pelayanan Publik. Jurnal FISIP Universitas Galuh, 4(1).
Haryatmoko. (2011). Etika Publik. Gramedia Pustaka Utama.
Indonesian Coruption Watch (ICW) (2019). Kasus Korupsi Berdasarkan Lembaga (10 Besar). Laporan Riset.
Ismiyarto. (2016). Etika dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Pemerintahan–Suara Katulistiwa. Kabar-banten.com. (n.d.). Pemkab Tangerang Raih Award Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. https://www.kabar- banten.com/pemkab-tangerang- raih-award-top-40-inovasi- pelayanan-publik/
Kusumawati, M. P. (2019). Harmonisasi antara Etika Publik dan Kebijakan Publik. 6(1), 1–23.
Maani, Karjuni D. (2010). Etika Pelayanan Publik. DEMOKRASI, 4(1).
Nau, Maria Yohana., et. al. (2012). Peran Etika dalam Pelayanan Publik Sesuai Pembangunan Daerah. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1).
Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.
Rezha, Fahmi., et. al. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1.
Sindonews.com. (n.d.). Etika Dinasti Politik Atut. https://nasional.sindonews.com/be rita/792393/16/etika-dinasti- politik-atut
Sommaliagustina, Desi. (2019). Implementasi otonomi Daerah dan Korupsi Kepala Daerah. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59–76.
Suseno, F. M. (2018). Etika Politik: Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern. PT Gramedia Pustaka Utama.
Zega, Y. (2018). Analisis Penerapan Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli Yamolala Zega Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Al- Washliyah Sibolga. 1(2), 108–112.