Pemanfaatan Aplikasi Drone Emprit Academic dalam Menganalisis Opini Publik di Media Sosial

Main Article Content

Bambang Arianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku warganet di media sosial dalam setiap isu yang berkembang. Hal itu disebabkan, media sosial bisa dipergunakan untuk melacak dengan mudah informasi dan opini masyarakat yang lagi trending. Apalagi, saat ini media sosial telah menjadi saluran untuk mencari informasi, interaksi, partisipasi dan desentralisasi di semua lini kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk melakukan analisis data hasil percakapan media sosial dengan bantuan aplikasi Drone Emprit Academic (DEA) Universitas Islam Indonesia. Aplikasi ini merupakan kumpulan data besar (big data) dari seluruh percakapan warganet di media sosial dalam konteks internasional. Penelitian ini mengungkapkan bahwa aplikasi Drone Emprit Academic menjadi salah satu aplikasi untuk mengetahui percakapan warganet di media sosial. Penelitian ini juga menyatakan bahwa aplikasi Drone Emprit Academic (DEA) bisa digunakan untuk menganalisis opini publik yang berkembang secara kekinian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arianto, B. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Drone Emprit Academic dalam Menganalisis Opini Publik di Media Sosial. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 2(2), 177-191. https://doi.org/10.24076/JSPG.2020v2i2.415
Section
Articles

References

Arianto. B. (2019). Kontestasi Relawan Teman Ahok dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Journal of Social Politics and Governance. 1, (1). 40-55.

______. (2019b). Kontestasi Buzzer Politik dalam Mengawal APBD DKI Jakarta. Jurnal Polinter Prodi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta. 5 (1) 54-76.

______. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. No 1, 19: 16–39.

______. (2014). Fenomena Relawan Politik dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. 18, No 2, November (146-162)

______.(2020). Salah Kaprah Ihwal Buzzer : Analisis Percakapan Warganet di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan (JIIP) Undip, 5 (1), 1–20.

______.(2020). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10 (1). Maret, 51-65

Adji, W. S., Bashith, A., Nasith, A., & Amin, S. (2019). Identification of Social Symptoms Using the Drone Emprit Academic as a Support for Statistical Literacy. Abjadia: International Journal of Education, 04(02), 97–106. https://doi.org/10.18860/abj.v4i2.8412

Bennett, W. L. (2012). The personalization of politics: Political identity, social media, and changing patterns of participation. The annals of the American academy of political and social science, 644(1), 20-39.

Cohen, H. (2011). 30 social media definitions. Posted by Heidi Cohen on May 9, 2011 in actionable marketingSocial media, 101, (Available from: http://heidicohen.com/ social-media-definition/. Accessed on 25 February 2013)

DEA UII (2019). Drone Emprit Academic Open Data: Portal Data Analisis Media Sosial. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dea.uii.ac.id/

Dobson, P. J. (1999). Approaches to Theory Use In Interpretive Case Studies – a Critical Realist Perspective. In 10th Australasian Conference on Information Systems (pp. 259–270). Churchlands: Edith Cowan University.

Effing, R., Van Hillegersberg, J., & Huibers, T. (2011). Social media and political participation: are Facebook, Twitter and YouTube democratizing our political systems?. In International conference on electronic participation (pp. 25-35). Springer, Berlin, Heidelberg.

Fahmi, I. (2017). Drone Emprit: Konsep dan teknologi, IT Cam on Big data and Data Mining, Jakarta.

_______ (2019). Data Social Network Analysis Drone Emprit Academic Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

_______ (2019). Buzzer Politik dan Demokrasi. Yogyakarta.

Gil de Zúñiga, et al (2014). Social media, political expression, and political participation: Panel analysis of lagged and concurrent relationships. Journal of communication, 64(4), 612-634.

Howard, Philip N., and Malcolm R. Parks. "Social media and political change: Capacity, constraint, and consequence." (2012): 359-362.

Kaplan, A & Michael Haenlein (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53 (1), 59–68.

Lewis, S., Pea, R., & Rosen, J. (2010). Beyond participation to co-creation of meaning: mobile social media in generative learning communities. Social Science Information, 49(3), 351-369.

Loader, Brian D., and Dan Mercea. "Networking democracy? Social media innovations and participatory politics." Information, Communication & Society 14, no. 6 (2011): 757-769.

McGregor, S. C. (2019). Social media as public opinion: How journalists use social media to represent public opinion. Journalism, 20(8), 1070-1086.

Rishika, R., Kumar, A., Janakiraman, R., & Bezawada, R. (2013). The effect of customers' social media participation on customer visit frequency and profitability: an empirical investigation. Information systems research, 24(1), 108-127.

Sawyer, S., & Jarrahi, M. H. (2013). Sociotechnical approaches to the study of information system. Dalam A. Tucker & H. Topi (eds). CRC Handbook of Computing. London:

Chapman and Hall, Inc.

Suharso, P. (2019). Pemanfaatan Drone Emprit dalam Melihat Trend Perkembangan Bacaan Digital melalui Akun Twitter. Anuva, 3(4), 333–346.

Tirto.id. (2017). Mengenang friendster dan media sosial jadul yang lain. (Online). https://tirto.id/mengenang-friendster-dan-media-sosial-jadul-yang-lain-csMe Diakses 10 Januari 2020

Vicente, M. R., & Novo, A. (2014). An empirical analysis of e-participation. The role of social networks and e-government over citizens' online engagement. Government Information Quarterly, 31(3), 379-387.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.

Wells, W. H. (2011). Social media and social networking: What's the difference? Available online. http://www.williamhwells.com/2011/06/18/social-media-and-socialnetworking-whats-the-difference/ (Accessed on 9 December 2013)