Analisis Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas pelayanan publik pada Gubernur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui media sosial twitter. Fokus dalam penelitian ini adalah intensitas akun twitter mengenai pelayanan public dan sekaligus sentiment dari masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data menggunakan software Nvivo 12Plus dari media sosial twitter dengan cara Ncapture dan mengolah di software Nvivo 12Plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya intensitas akun twitter Gubernur Jawa Tengah pada pelayanan publik tiga bulan tahun 2021 mengalami presentase tertinggi pada bulan Februari yakni 12,44%. Intensitas twitter yang tinggi tersebut menunjukkan bahwasanya melalui Gubernur Jawa Tengah aktif dan intens memberikan informasi dan menerima keluh kesah masyarakat mengenai pelayananan publik. Selain itu sentimen masyarakat dari aktivitas akun twitter Gubernur Jawa Tengah yakni diakumulasikan sebanyak 16 persen positif dan 28 persen negatif. Sentimen tersebut didasari atas respons masyarakat terkait dengan pelayanan publik di Jawa Tengah pada bulan Januari-Maret 2021.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Journal of Social Politics and Governance journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Abraham, F., Yos, J., No, S., Selatan, K., & Fax, T. (2014). PEMANFAATAN T WITTER SEBAGAI M EDIA KOMUNIKASI MASSA.
Akbar, M. M., Winarno, W. W., & ... (2021). Evaluasi Tingkat Kematangan e-Government Pada Partisipasi Masyarakat dan Pelayanan Publik Menerapkan Framework Gartner. Jurnal Media …, 5, 99–107. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2606
Alkomari. (2020). Analisis Komunikasi Krisis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of Srategic Communication, 11(1), 4.
Anam, S., & Anwar, K. (2020). Efektivitas Fungsi Pengawasan Dprd Dalam Pelayanan Publik. Reformasi, 10(1), 61–69. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1582
Atthahara, H. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government?: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas. POLITIKOM INDONESIANA, 3(1), 66–77.
Bannaga, A., Gangi, Y., Abdrazak, R., & Al-Fakhry, B. (2013). The effects of good governance on foreign direct investment inflows in Arab countries. Applied Financial Economics, 23(15), 1239–1247. https://doi.org/10.1080/09603107.2013.802088
Doramia Lumbanraja, A. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 220–231. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.220-231
Fauzi, E. A., Of, M., Affairs, G., Yogyakarta, U. M., & Yogyakarta, D. I. (2019). Government of Yogyakarta City Communication in the Arrangement of Malioboro Areas in 2015-2016. 353(IcoSIHESS), 2016–2018.
Gilbert, N., Ahrweiler, P., Barbrook-Johnson, P., Narasimhan, K. P., & Wilkinson, H. (2018). Computational modelling of public policy: Reflections on practice. Jasss, 21(1). https://doi.org/10.18564/jasss.3669
Giooh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1), 1–14.
Hadi, K., Asworo, L., & Taqwa, I. (2020). Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik Yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government and Civil Society, 4(1), 115. https://doi.org/10.31000/jgcs.v4i1.2438
Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Unmus, 7(1), 20–37. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/societas/article/view/967/687
Istyanto, N. P., & Nasrulloh, M. (2019). Disruptif Teknologi E-Government terhadap Pelayanan Publik Tradisional Masyarakat Surabaya di Era Industri 4.0. INTEGER: Journal of Information Technology, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.31284/j.integer.2019.v4i2.687
Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019
Kurnia, T. S., Rauta, U., & Siswanto, A. (2018). E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(2), 170. https://doi.org/10.14710/mmh.46.2.2017.170-181
Manoharan, A. P., & Ingrams, A. (2018). Conceptualizing E-Government from Local Government Perspectives. State and Local Government Review, 50(1), 56–66. https://doi.org/10.1177/0160323x18763964
Melin, U., & Wihlborg, E. (2018). Balanced and integrated e-government implementation – exploring the crossroad of public policy-making and information systems project management processes. Transforming Government: People, Process and Policy, 12(2), 191–208. https://doi.org/10.1108/TG-12-2017-0080
Nugroho, T. (2016). Analisis E-government Terhadap Pelayanan Publik Di Kementerian Hukum Dan Ham (Analysis of E-government to Public Services in the Ministry of Law and Human Rights). Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(3), 279–296.
Pricahyadi M, R. T. (2019). Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ). Jurnal Ilmu Administrasi, XVI(2), 163–178.
Putra, M. T., Warsito, W., & Herawati, N. R. (2017). Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam E-government Pelayanan Publik di Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmu Pemerintahan Undip, 6(04), 21–30.
Rana, N. P., Dwivedi, Y. K., Lal, B., Williams, M. D., & Clement, M. (2017). Citizens’ adoption of an electronic government system: towards a unified view. Information Systems Frontiers, 19(3), 549–568. https://doi.org/10.1007/s10796-015-9613-y
Salsabila, L., Dzinnun, Y., Nurmandi, A., & Purnomo, E. P. (2020). Citizens Relationship Management (CRM) in Jakarta: Does its work or not? Ijd-Demos, 2(3). https://doi.org/10.37950/ijd.v2i3.64
Suminto, A., & Al Farizi, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Sahafa Journal of Islamic Communication, 2(2), 191. https://doi.org/10.21111/sjic.v2i2.4394
Udoyono, K., Setyadiharja, R., Nurmandi, A., Suyito, S., Septiawan, B., Suryani, E., Sutriatmoko, Satibi, Puspandari, D. A., Nurmandi, A., Susila, A., Kane, S. N., Mishra, A., Dutta, A. K., Indrajit, R. E., Rudianto, D., Zainuddin, A., Yuwinanto, H. P., Salim, M., … Syamsuddin. (2016). Efek moderasi komitmen organisasi pada pengaruh implementasi e- procurement terhadap pencegahan fraud pengadaan barang dan jasa pemerintah. Jurnal Ilmu Pemerintahan?: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, 2(1), 178–185.
Wahyuni, N., & Dra. Maesaroh, M. S. (2018). Analisis Inovasi Pelayanan di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Studi Kasus Simile Police). Jurnal Administrasi Publik Undip, 7(5), 1689–1699.
Yonathan Sari Mahardhika, E. Z. (2018). Analisis Sentimen Terhadap Pemerintahan Joko Widodo Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naives Bayes. Prosiding SINTAK 2018, 2015, 409–413.