Analisis Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah

Main Article Content

Mohamad Sukarno
Atik Septi Winarsih
Hacykal Huda Wijaya
Prihantika Septi Cahyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas pelayanan publik pada Gubernur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui media sosial twitter. Fokus dalam penelitian ini adalah intensitas akun twitter mengenai pelayanan public dan sekaligus sentiment dari masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data menggunakan software Nvivo 12Plus dari media sosial twitter dengan cara Ncapture dan mengolah di software Nvivo 12Plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya intensitas akun twitter  Gubernur Jawa Tengah pada pelayanan publik tiga bulan tahun 2021 mengalami presentase tertinggi pada bulan Februari yakni 12,44%. Intensitas twitter yang tinggi tersebut menunjukkan bahwasanya melalui Gubernur Jawa Tengah aktif dan intens memberikan informasi dan menerima keluh kesah masyarakat  mengenai pelayananan publik. Selain itu sentimen masyarakat dari aktivitas akun twitter Gubernur Jawa Tengah yakni diakumulasikan sebanyak 16 persen positif dan 28 persen negatif. Sentimen tersebut didasari atas respons masyarakat terkait dengan pelayanan publik di Jawa Tengah pada bulan Januari-Maret 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sukarno, M., Winarsih, A. S. ., Wijaya, H. H. ., & Cahyani, P. S. . (2021). Analisis Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial: Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(1), 12-22. https://doi.org/10.24076/JSPG.2021v3i1.507
Section
Articles

References

Abraham, F., Yos, J., No, S., Selatan, K., & Fax, T. (2014). PEMANFAATAN T WITTER SEBAGAI M EDIA KOMUNIKASI MASSA.

Akbar, M. M., Winarno, W. W., & ... (2021). Evaluasi Tingkat Kematangan e-Government Pada Partisipasi Masyarakat dan Pelayanan Publik Menerapkan Framework Gartner. Jurnal Media …, 5, 99–107. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2606

Alkomari. (2020). Analisis Komunikasi Krisis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of Srategic Communication, 11(1), 4.

Anam, S., & Anwar, K. (2020). Efektivitas Fungsi Pengawasan Dprd Dalam Pelayanan Publik. Reformasi, 10(1), 61–69. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1582

Atthahara, H. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government?: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas. POLITIKOM INDONESIANA, 3(1), 66–77.

Bannaga, A., Gangi, Y., Abdrazak, R., & Al-Fakhry, B. (2013). The effects of good governance on foreign direct investment inflows in Arab countries. Applied Financial Economics, 23(15), 1239–1247. https://doi.org/10.1080/09603107.2013.802088

Doramia Lumbanraja, A. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 220–231. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.220-231

Fauzi, E. A., Of, M., Affairs, G., Yogyakarta, U. M., & Yogyakarta, D. I. (2019). Government of Yogyakarta City Communication in the Arrangement of Malioboro Areas in 2015-2016. 353(IcoSIHESS), 2016–2018.

Gilbert, N., Ahrweiler, P., Barbrook-Johnson, P., Narasimhan, K. P., & Wilkinson, H. (2018). Computational modelling of public policy: Reflections on practice. Jasss, 21(1). https://doi.org/10.18564/jasss.3669

Giooh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1), 1–14.

Hadi, K., Asworo, L., & Taqwa, I. (2020). Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik Yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government and Civil Society, 4(1), 115. https://doi.org/10.31000/jgcs.v4i1.2438

Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Unmus, 7(1), 20–37. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/societas/article/view/967/687

Istyanto, N. P., & Nasrulloh, M. (2019). Disruptif Teknologi E-Government terhadap Pelayanan Publik Tradisional Masyarakat Surabaya di Era Industri 4.0. INTEGER: Journal of Information Technology, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.31284/j.integer.2019.v4i2.687

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019

Kurnia, T. S., Rauta, U., & Siswanto, A. (2018). E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(2), 170. https://doi.org/10.14710/mmh.46.2.2017.170-181

Manoharan, A. P., & Ingrams, A. (2018). Conceptualizing E-Government from Local Government Perspectives. State and Local Government Review, 50(1), 56–66. https://doi.org/10.1177/0160323x18763964

Melin, U., & Wihlborg, E. (2018). Balanced and integrated e-government implementation – exploring the crossroad of public policy-making and information systems project management processes. Transforming Government: People, Process and Policy, 12(2), 191–208. https://doi.org/10.1108/TG-12-2017-0080

Nugroho, T. (2016). Analisis E-government Terhadap Pelayanan Publik Di Kementerian Hukum Dan Ham (Analysis of E-government to Public Services in the Ministry of Law and Human Rights). Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(3), 279–296.

Pricahyadi M, R. T. (2019). Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ). Jurnal Ilmu Administrasi, XVI(2), 163–178.

Putra, M. T., Warsito, W., & Herawati, N. R. (2017). Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam E-government Pelayanan Publik di Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmu Pemerintahan Undip, 6(04), 21–30.

Rana, N. P., Dwivedi, Y. K., Lal, B., Williams, M. D., & Clement, M. (2017). Citizens’ adoption of an electronic government system: towards a unified view. Information Systems Frontiers, 19(3), 549–568. https://doi.org/10.1007/s10796-015-9613-y

Salsabila, L., Dzinnun, Y., Nurmandi, A., & Purnomo, E. P. (2020). Citizens Relationship Management (CRM) in Jakarta: Does its work or not? Ijd-Demos, 2(3). https://doi.org/10.37950/ijd.v2i3.64

Suminto, A., & Al Farizi, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Sahafa Journal of Islamic Communication, 2(2), 191. https://doi.org/10.21111/sjic.v2i2.4394

Udoyono, K., Setyadiharja, R., Nurmandi, A., Suyito, S., Septiawan, B., Suryani, E., Sutriatmoko, Satibi, Puspandari, D. A., Nurmandi, A., Susila, A., Kane, S. N., Mishra, A., Dutta, A. K., Indrajit, R. E., Rudianto, D., Zainuddin, A., Yuwinanto, H. P., Salim, M., … Syamsuddin. (2016). Efek moderasi komitmen organisasi pada pengaruh implementasi e- procurement terhadap pencegahan fraud pengadaan barang dan jasa pemerintah. Jurnal Ilmu Pemerintahan?: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, 2(1), 178–185.

Wahyuni, N., & Dra. Maesaroh, M. S. (2018). Analisis Inovasi Pelayanan di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Studi Kasus Simile Police). Jurnal Administrasi Publik Undip, 7(5), 1689–1699.

Yonathan Sari Mahardhika, E. Z. (2018). Analisis Sentimen Terhadap Pemerintahan Joko Widodo Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naives Bayes. Prosiding SINTAK 2018, 2015, 409–413.