Implementasi Kebijakan Pengelolaan BUMDes Pada Masa Pandemi Di Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Main Article Content

Maulida Putri Rahmawati
Suwarji Suwarji

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan pengelolaan BUMDes pada masa pandemi di Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan di Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik menentukan informan menggunakan purposive sampling berdasarkan subjek yang mendominasi dan bersedia memberikan keterangan.  Informan penelitian adalah perangkat Desa Protomulyo dan pengurus BUMDes melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan teori dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, pengelolaan BUMDes pada masa pandemi di Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal memiliki beberapa permasalahan dilihat dari Indikator Kooperatif dan Berkelanjutan. Pertama, kerja sama terhambat oleh pandemi, sehingga pendapatan mengalami penurunan. Kedua, BUMDes belum ada perbaikan karena pandemi sehingga tidak bisa berjalan optimal. Faktor yang mempengaruhi terdiri dari komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Indikator komunikasi adalah indikator dominan yang menyebabkan masalah karena Desa Protomulyo tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan kebijakan BUMDes

Article Details

How to Cite
Rahmawati, M. P., & Suwarji, S. (2021). Implementasi Kebijakan Pengelolaan BUMDes Pada Masa Pandemi Di Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(1), 23-35. https://doi.org/10.24076/jspg.v3i1.547
Section
Articles

References

Departemen Pendidikan Nasional Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan. (2007). Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Dine Meigawati. (2018). “Implementasi Program Bumdes di Kabupaten Sukabumi (Studi Kasus Desa Cisande Kecamatan Cicantayan)” dalam Jurnal Proceeding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi.

Fajarwati, Yeni. (2016). Implementasi Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. FISIP. Univeristas Ageng Tirtayasa.

Harmiati., Zulhakim, Abdul Aziz. (2013). Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Mengembangkan Usaha Dan Ekonomi Masyarakat Desa Yang Berdaya Saing Di Era Masyarakat Ekonomi Asean

Kurniasih, Denok dan Paulus Israwan Setyoko. (2019). “Implementasi Stratagi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah” dalam Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, Vol. 9, No. 2.

Maria Rosa Ratna Sri Anggraeini. (2016). “Peranana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) pada Kesejahteraan Masyarakat Perdesaan studi pada BUMDes di Gunung Kidul” dalam Jurnal MODUS Vol.28, No.2.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Muhammad Adib Junaidi. (2018). “Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Penguatan Ekonomi Di Desa Kedung Turi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo” dalam Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Jilid 5 No. 4.

Peta Sebaran COVID-19. (2021). Penyebaran Covid-19 Kabupaten/ Kota Jawa Tengah. Diakses pada 21 Januari 2021, dari https://covid-19.go.id.

Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Undang undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Diakses pada 20 Januari 2021, dari www.dpr.go.id/dokjdih