Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo 2019

Main Article Content

Ismatullah Ismatullah
Gerry Katon Mahendra

Abstract

Undang-undang No 23 tahun 2014 pasal 1 ayat 41 menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat adalah sebuah peran serta masyarakat dalam menyalurkan aspirasi, pemikiran dan kepentingan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Partisipasi masyarakat dalam subjek pembangunan merupakan upaya untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional.. Dalam hal ini, penelitian ini akan membahas tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur jalan di Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo 2019. Terdapat empat jenis partisipasi di Desa Kaligintung yaitu (1) partisipasi dalam pengambilan keputusan, (2) partisipasi dalam pelaksanaan, (3) partisipasi dalam pengambilan manfaat dan (4) partisipasi dalam evaluasi. Selanjutnya faktor partisipasi masayarakat dalam pembangunan infrastruktur di Desa Kaligintung dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan terdapat pula faktor penghambat. Pada faktor pendukung terdapat tiga faktor yaitu faktor ekonomi, faktor kesadaran, faktor pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah menggunakan bahu jalan desa untuk kepentingan pribadi, namun faktor ini tidak menjadikan tertundanya pembangunan infrastruktur jalan Desa Kaligintung.

Article Details

How to Cite
Ismatullah, I., & Mahendra, G. K. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo 2019. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(1), 1-11. https://doi.org/10.24076/jspg.v3i1.556
Section
Articles

References

Aprillia Theresia, K. d. (2015). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Huraerah, A. (2008). Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat: Model & Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Humaniora.

Kalesaran. (2015). PARTISIPASI DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN KELURAHAN TAAS KOTA MANADO. administrasi publik, IV no. 5.

Kansil, C. S. (2005). Sistem Pemerintahan Indonesia. jakarta: Bumi aksara.

Karina. (2017). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Pao Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Makasar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makasar.

Kogoya, T. (2015). Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa di Kabupaten Lanny Jaya Papua. Berkala Ilmiah Efisiensi, 15 Nomor 2.

Moleong. Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, M. D. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Sinarsari Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Lampung Tengah: Universitas Lampung.

Rahman. (2018). teori pemerintahan. malang: UB Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang no 6 tahun 2014 tentang desa .

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Wahyuddin. (2018). Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Tanah Karaeng Kecamatan Mamuju Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.