Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Bambang Arianto

Abstract

Artikel ini bertujuan mengelaborasi dampak media sosial terhadap perubahan perilaku generasi muda dalam aktivitas keseharian di masa pandemi Covid-19. Hal itu disebabkan generasi muda memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap media sosial sebagai saluran komunikasi digital dan sarana mencari informasi terkini. Ketergantungan ini telah menciptakan dampak positif dan negatif bagi perubahan perilaku generasi muda. Dampak positif tampak dari perilaku generasi muda yang tampil lebih kreatif dan partisipatif dalam setiap aktivitas. Sedangkan dampak negatif yang diciptakan justru dapat membuat terlembaganya aksi perundungan (bullying) dan terjadinya depresi akibat tidak mampu meniru segala aktivitas yang lagi populer di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (literatur review) dalam mengelaborasi topik penelitian. Penelitian ini menyatakan ketergantungan terhadap media sosial bagi generasi muda telah mendorong perubahan perilaku yang positif dan negatif. Penelitian ini juga menyatakan bahwa diperlukan upaya pencegahan dari adanya dampak negatif media sosial melalui penguatan literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arianto, B. (2022). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 118-132. https://doi.org/10.24076/JSPG.2021v3i2.659
Section
Articles

References

Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 181-190.

Al-Rawi, A. (2019). Viral news on social media. Digital journalism, 7(1), 63-79.

Andzulis, J. M., Panagopoulos, N. G., & Rapp, A. (2012). A review of social media and implications for the sales process. Journal of personal selling & sales management, 32(3), 305-316.

Antama, F., Zuhdy, M., & Purwanto, H. (2020). Faktor Penyebab Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja di Kota Yogyakarta. Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan, 1(2).

Anwar, F. (2017). Perubahan dan permasalahan media sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 137-144.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3(1).

Arianto, B. (2021). Media Sosial dan Whistleblowing. Jurnal Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 6(1), 61-80.

Arianto, B., & Risdwiyanto, A. (2021). Kiprah Aktor Warganet melalui Media Sosial dalam Pemasaran Digital: Studi Kasus pada# HondaBeAT. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(1), 19-46.

Athaya, F. H. (2021). Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur Dalam Variabel Penting Bagi Influencer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(2), 334-349.

Aspari, A. (2016). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Pada Masyarakat Modern. Simnasiptek 2016, 1(1), 10-17.

Avery, E. J., & Graham, M. W. (2013). Political public relations and the promotion of participatory, transparent government through social media. International Journal of Strategic Communication, 7(4), 274-291.

Bolton, R. N., Parasuraman, A., Hoefnagels, A., Migchels, N., Kabadayi, S., Gruber, T., & Solnet, D. (2013). Understanding Generation Y and their use of social media: a review and research agenda. Journal of service management.

Casaló, L. V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2020). Influencers on Instagram: Antecedents and consequences of opinion leadership. Journal of Business Research, 117, 510-519.

Cohen, H. (2011). 30 social media definitions. Posted by Heidi Cohen on May 9, 2011 in actionable marketingSocial media, 101, (Available from: http://heidicohen.com/ social-?media-definition/.

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69-78.

Gil de Zúñiga, H., Molyneux, L., & Zheng, P. (2014). Social media, political expression, and political participation: Panel analysis of lagged and concurrent relationships. Journal of communication, 64(4), 612-634.

Graham, M. W., Avery, E. J., & Park, S. (2015). The role of social media in local government crisis communications. Public Relations Review, 41(3), 386-394.

Hermansyah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Bagi Kesehatan Mental Anak remaja. In National Nursing Conference, 1(1), (10-10).

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72-81.

Holt, K., Shehata, A., Strömbäck, J., & Ljungberg, E. (2013). Age and the effects of news media attention and social media use on political interest and participation: Do social media function as leveller?. European journal of communication, 28(1), 19-34.

Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan.

Ionescu, L. (2016). E-Government and Social Media as Effective Tools in Controlling Corruption in Public Administration. Economics, Management, and Financial Markets, 11(1), 66-72.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.

Kemdikbud.go.id. (2021). http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/tik-literasi-digital/Budaya%20Bermedia%20Digital%20Final.pdf

Khasawneh, R. T., & Abu-Shanab, E. (2013). E-government and social media sites: the role and impact. World Journal of Computer Application and Technology, 1(1), 10-17.

Kominfo.go.id. (2021a) https://aptika.kominfo.go.id/2021/01/kominfo-blokir-1-900-sebaran-hoaks-terkait-covid-19/

Kominfo.go.id. (2021b). https://aptika.kominfo.go.id/2021/07/kominfo-lakukan-literasi-digital-di-514-kabupaten-kota-di-indonesia/

Kompas.com. (2017). https://sains.kompas.com/read/2017/11/16/180000123/benarkah-media-sosial-bisa-picu-remaja-untuk-bunuh-diri-?page=all

Kompas.com. (2018). https://sains.kompas.com/read/2018/11/23/190700623/kerap-lihat-media-sosial-bikin-perempuan-tak-percaya-diri?page=all

Kompas.com. (2019). https://www.kompas.id/baca/utama/2019/05/25/dua-sisi-pembatasan-media-sosial/

Kompas.com (2021a). https://www.kompas.id/baca/riset/2021/03/03/hati-hati-menelan-propaganda-di-media-sosial/

Kompas.com. (2021b). https://www.kompas.id/baca/riset/2021/06/10/mari-berdayakan-media-sosial-dengan-baik/

Kompas.com. (2021c). https://www.kompas.id/baca/riset/2021/03/31/media-sosial-semarak-konten-kreatif-bertumbuh

Kontan.co.id. (2020). https://lifestyle.kontan.co.id/news/ini-6-generasi-yang-ada-di-masyarakat-ada-generasi-x-milenial-z-apa-artinya?page=all

Kumala, A. P. B., & Sukmawati, A. (2020). Dampak Cyberbullying pada Remaja. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 55-65.

Kurnia, N. & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: Studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 149-166

Lee, P. S., So, C. Y., & Leung, L. (2015). Social media and Umbrella Movement: Insurgent public sphere in formation. Chinese Journal of Communication, 8(4), 356-375.

Lim, M. (2013). Many clicks but little sticks: Social media activism in Indonesia. Digital, 127.

Moulita, M. (2021). Persepsi Remaja terhadap Konten Prank di Media Sosial. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 7(2), 107-115.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan riset media siber (cybermedia). Kencana.

Nurrizka, A. F. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi pada Remaja di Surakarta (suatu Kajian Teoritis dan Praktis terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial). Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1).

O'Keeffe, G. S., & Clarke-Pearson, K. (2011). The impact of social media on children, adolescents, and families. Pediatrics, 127(4), 800-804.

Oliveira, G. H. M., & Welch, E. W. (2013). Social media use in local government: Linkage of technology, task, and organizational context. Government Information Quarterly, 30(4), 397-405.

Panagiotopoulos, P., Barnett, J., & Brooks, L. (2013). Social media and government responsiveness: the case of the UK Food Standards Agency. In International Conference on Electronic Government (pp. 310-321). Springer, Berlin, Heidelberg

Petrescu, M., & Korgaonkar, P. (2011). Viral advertising: Definitional review and synthesis. Journal of internet commerce, 10(3), 208-226.

Putri, A. F., Hartati, T., & Purwinarti, T. (2017). Analisis Konten Kreatif Pada Fanpage Facebook Cadbury Dairy Milk Tahun 2016. Epigram, 14(2).

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Rather, M. K., & Rather, S. A. (2019). Impact of smartphones on young generation. Library philosophy and practice, 1-9.

Rastati, R. (2016). Bentuk perundungan siber di media sosial dan pencegahannya bagi korban dan pelaku. Bandung Institute of Technology.

Rusnali, A. N. A. (2020). Media Sosial dan Dekadensi Moral Generasi Muda. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 29-37.

Sabrina, A. R. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Journal of comunication studies, 5(2)

Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh media sosial Instagram dan Whatsapp terhadap pembentukan budaya “alone together”. Jurnal Komunikasi, 10(2), 103-114.

Shofiyah, S. (2020). Dampak Media Sosial dan Pornografi Terhadap Perilaku Seks Bebas Anak Di Bawah Umur. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 57-68.

Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan intensitas komunikasi melalui jejaring sosial antara tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 106-115.

Winarso, W. (2020). Technology, Social Media And Behaviour Of Young Generation In Indonesia; A Conseptual Paper. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 986-989.

Yulvia, T., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2020). Pengelolaan Media Sosial untuk Mendukung Aktivitas Humas Pemerintah Kota Surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 4(4), 107-117.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan, Cetakan 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.