Makna Gaya Hidup “Brand Minded” pada Konsumen Sosialita (Studi Fenomenologi Gaya Hidup “Brand Minded” Orang Tua Siswa SMPN 7 Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.388Keywords:
Gaya hidup, brand minded, konsumen sosialita.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena Gaya hidup Brand Minded padaKonsumen Sosialita yang lebih memilih produk “bermerek” daripada produk sejenis lain yang kegunaannya sama dan berharga lebih murah. Kecenderungan demikian terbangun karena terkait citra diri, bahwa dengan mengenakan produk bermerek maka statusnya akan terangkat. Merek adalah salah satu pertimbangan para konsumen khususnya konsumen Sosialita dalam membeli suatu barang, karena merek sering dikaitkan dengan kualitas suatu barang dan dijadikan sebagai tolok ukur barang yang akan dikonsumsi. Sehingga mengonsumsi barang bermerek menjadi hobi dan sebuah gaya hidup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali makna gaya hidup “brand minded” terhadap konsumen sosialita dengan menggunakan teori interaksi simbolik mengenai makna, konsep diri dan interaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang merujuk kepada paradigma interpretif. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman komunikasi konsumen sosialita dengan gaya hidup brand minded adalah didukung oleh faktor latar belakang kehidupan, lingkungan sekitarnya, dan pergaulan dengan teman sebaya lebih memberi andil yang besar dalam penciptaan perilaku konsumsinya. Informan dalam penelitian ini memiliki pola konsumsi yang berbeda, tetapi dalam kegiatan konsumsi yang dilakukan kelima informan adalah sama-sama ingin membangun identitas melalui produk-produk bermerek yang mereka kenakan. Apa yang mereka konsumsi adalah menjadi apa yang mereka tampilkan kepada orang lain.
Downloads
References
Engel, JF., Blackwell, RD., dan Miniard, PW. (1994). Perilaku Konsumen Jilid 1 (Edisi Keenam). Alih bahasa: Drs. F.X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Hawkins, DI., Best, RJ., dan Coney, KA. (1998). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (7th ed). USA: McGraw-Hill Companies, Inc.
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., (2003),”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana.
Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning. Jakarta: Gramedia.
Kottler, P. (1988). Manajemen Pemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi. Jakarta : Erlangga. Kottler, P dan Armstrong, G. 2006.Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1.Jakarta : PT. Indeks.
Setiadi, Nugroho J. (2005). Perilaku Konsumen. Cetakan kedua. Jakarta: Prenada Media.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.