Pengaruh Intensitas Membaca Travel.Detik.Com dan Interaksi dengan Kelompok Rujukan terhadap Minat untuk Berwisata

Authors

  • Ahmad Khairul Nuzuli Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.389

Keywords:

Pariwisata, Pengaruh Media, Kelompok Rujukan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mencari penaruh Intensitas Membaca Travel.Detik.Com dan Interaksi Dengan Kelompok rujukan terhadap Minat Pembaca untuk Berwisata. Dasar teori yang dipakai adalah teory efek media massa dan teory kelompok rujukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan teknik Non-probability sampling dengan metode accidental sampling dalam menentukan sampel. Jumlah sampel sebanyak 50 responden yang telah memenuhi kriteria pembaca Travel. Detik.Com di Kota Semarang. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear sedehana bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca Travel. Detik.Com (X1) tidak memiliki pengaruh terhadap minat berwisata. Hal ini dikarekan pembaca melakukan seleksi media massa. Sedangkan interaksi dengan kelompok rujukan memilki pengaruh signifikan. dengan nilai Sig/signifikasi senilai 0.001 atau probabilitas lebih kecil dari 0,05 serta kontribusi pengaruh sebanyak 56%. hal ini menandakan kontribusinya tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devito, Josep A. (2009). Human Communication : The Basic Course. USA : Perason Education

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Engel dkk. (1994). Perilaku Konsumen Jilid 1 (6 th ed). Jakarta : Binarupa Aksara

Husaen Hasan dkk. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan WisataDi Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Jurusan Manajemen Keuangan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tidore Mandiri – Tidore

Kartono, Kartini, Gulo, Dali.(1987). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Lukmantoro,dkk. (2014).Jurnalistik Online:Teori dan Praktik di Era Multimedia. Semarang : Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang dan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro,

Morissan, M.A.(2010) Teori Komunikasi Massa, PT Ghalia Indonesia, Bogo.

Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah (2008), Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rakhmat J.(2013). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sears dkk. (2006). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga

Sudirman, A. M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syamsudin, Munawar. (2013). Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-11-24

How to Cite

Nuzuli, A. K. . (2020). Pengaruh Intensitas Membaca Travel.Detik.Com dan Interaksi dengan Kelompok Rujukan terhadap Minat untuk Berwisata. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2), 94-104. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.389

Issue

Section

Articles