Pengaruh Intensitas Membaca Travel.Detik.Com dan Interaksi dengan Kelompok Rujukan terhadap Minat untuk Berwisata
DOI:
https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.389Keywords:
Pariwisata, Pengaruh Media, Kelompok RujukanAbstract
Penelitian bertujuan untuk mencari penaruh Intensitas Membaca Travel.Detik.Com dan Interaksi Dengan Kelompok rujukan terhadap Minat Pembaca untuk Berwisata. Dasar teori yang dipakai adalah teory efek media massa dan teory kelompok rujukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan teknik Non-probability sampling dengan metode accidental sampling dalam menentukan sampel. Jumlah sampel sebanyak 50 responden yang telah memenuhi kriteria pembaca Travel. Detik.Com di Kota Semarang. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear sedehana bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca Travel. Detik.Com (X1) tidak memiliki pengaruh terhadap minat berwisata. Hal ini dikarekan pembaca melakukan seleksi media massa. Sedangkan interaksi dengan kelompok rujukan memilki pengaruh signifikan. dengan nilai Sig/signifikasi senilai 0.001 atau probabilitas lebih kecil dari 0,05 serta kontribusi pengaruh sebanyak 56%. hal ini menandakan kontribusinya tergolong tinggi.
Downloads
References
Devito, Josep A. (2009). Human Communication : The Basic Course. USA : Perason Education
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Engel dkk. (1994). Perilaku Konsumen Jilid 1 (6 th ed). Jakarta : Binarupa Aksara
Husaen Hasan dkk. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan WisataDi Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Jurusan Manajemen Keuangan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tidore Mandiri – Tidore
Kartono, Kartini, Gulo, Dali.(1987). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.
Lukmantoro,dkk. (2014).Jurnalistik Online:Teori dan Praktik di Era Multimedia. Semarang : Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang dan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro,
Morissan, M.A.(2010) Teori Komunikasi Massa, PT Ghalia Indonesia, Bogo.
Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah (2008), Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rakhmat J.(2013). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sears dkk. (2006). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Sudirman, A. M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syamsudin, Munawar. (2013). Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.