Seniman Jalanan Malioboro Sebagai DayaTarik Wisatawan Milenial (Studi AISDALSLove pada akun @nolkmkustik)

Authors

  • Dyaloka Puspita Ningrum Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.390

Keywords:

Seniman Jalanan, Wisatawan Milenial, Instagram

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki ikon khusus dengan segala keunikannya. Kehadiran seniman jalanan di kawasan Malioboro menjadi magnet dalam menarik minat wisatawan milenial khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik seniman jalanan di Kota Yogyakarta pada akun @nolkmkustik di instagram berdasarkan teori AISDALSLove yang merupakan perkembangan dari konsep periklanan. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan dilengkapi dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam memaksimalkan potensi wisata di tengah tengah pusat kota, kelompok musik @nolkmkustik memberikan suguhan dari setiap penampilannya yang berbeda dari lainnya. Pengalaman wisatawan milenial yang selalu dibagikan diruang publik menjadikan peluang bagi seniman jalanan dalam berkarya sekreatif mungkin tanpa harus menarik biaya yang mahal kepada para pengunjung yang menyaksikan penampilan mereka setiap malamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogdan, dan Taylor. (1990). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Suatu Pendekatan Fenomenologis terhadap Ilmu-Ilmu Sosial. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional

Bungin, Burhan.(2015). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication. Jakarta : PT.Prenada Media

Instagram @nolkmkustik, (2019)

Lewis, B.K. (2010). Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions Among College Student. International Journal of Public Relation Society of America

Mc Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika

M Nisrina, (2015). Bisnis online, Manfaat media sosial. Yogyakarta. Kobis

Wijaya, Bambang Sukma (2012). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising. International Research Journal of Business Studies, 5(1), 73-85. https://doi.org/10.21632/irjbs.5.1.73-85

Downloads

Published

2020-11-24

How to Cite

Ningrum, D. P. (2020). Seniman Jalanan Malioboro Sebagai DayaTarik Wisatawan Milenial (Studi AISDALSLove pada akun @nolkmkustik). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2), 105-117. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.390

Issue

Section

Articles