Seniman Jalanan Malioboro Sebagai DayaTarik Wisatawan Milenial (Studi AISDALSLove pada akun @nolkmkustik)
DOI:
https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.390Keywords:
Seniman Jalanan, Wisatawan Milenial, InstagramAbstract
Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki ikon khusus dengan segala keunikannya. Kehadiran seniman jalanan di kawasan Malioboro menjadi magnet dalam menarik minat wisatawan milenial khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik seniman jalanan di Kota Yogyakarta pada akun @nolkmkustik di instagram berdasarkan teori AISDALSLove yang merupakan perkembangan dari konsep periklanan. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan dilengkapi dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam memaksimalkan potensi wisata di tengah tengah pusat kota, kelompok musik @nolkmkustik memberikan suguhan dari setiap penampilannya yang berbeda dari lainnya. Pengalaman wisatawan milenial yang selalu dibagikan diruang publik menjadikan peluang bagi seniman jalanan dalam berkarya sekreatif mungkin tanpa harus menarik biaya yang mahal kepada para pengunjung yang menyaksikan penampilan mereka setiap malamnya.
Downloads
References
Bogdan, dan Taylor. (1990). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Suatu Pendekatan Fenomenologis terhadap Ilmu-Ilmu Sosial. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional
Bungin, Burhan.(2015). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication. Jakarta : PT.Prenada Media
Instagram @nolkmkustik, (2019)
Lewis, B.K. (2010). Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions Among College Student. International Journal of Public Relation Society of America
Mc Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika
M Nisrina, (2015). Bisnis online, Manfaat media sosial. Yogyakarta. Kobis
Wijaya, Bambang Sukma (2012). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising. International Research Journal of Business Studies, 5(1), 73-85. https://doi.org/10.21632/irjbs.5.1.73-85
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.