Eksistensi Aplikasi Keagamaan sebagai Media Informasi Umat (Studi Difusi Inovasi pada Aplikasi Masjidku)

Authors

  • Thalitha Sacharissa Rosyiidiani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rachmat Baihaki Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ahya Hasyim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.391

Keywords:

Masjidku, Aplikasi, Informasi, Inovasi

Abstract

Masjidku merupakan inisiatif pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan aplikasi dan produk lainnya sebagai media informasi bagi masjid dan umat Islam. Artikel ini membahas tentang elemen inovasi yang ada pada aplikasi masjidku dengan menggunakan teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dengan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan terdapat empat tahapan proses difusi inovasi yang dilakukan yaitu inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sasaran sistem sosial. Temuan penelitian menyatakan bahwa sosialisasi aplikasi Masjidku ditemukan beberapa kendala. Salah satunya sosialiasi pada takmir Masjid atau Mushala berasal dari kalangan yang masih jauh dengan teknologi.

References

Ardial. (2010). Komunikasi Politik. Jakarta: PT. Indeks

Baron, R.A., and Byrne, D. (2008). Psikologi Sosial, 10th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga

Bowers, J & Bradac, J. (1984). Message effects in communication science. Newburry Park : SAGE

Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta : Kencana

Denzin, Norman K. dan Yvonna S, Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Efendy, Onong Uchana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosda Karya

Franzoi, S.L. (2016). Social Psychology (7th edition). New York : McGraw-Hill Publishing Company

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda

Nimmo, D. (2007). Komunikasi Politik: komunikator, pesan, media (edisi terjemahan). Bandung : Remaja Rosda Karya

Surbakti, Ramlan. (2010). Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-11-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Eksistensi Aplikasi Keagamaan sebagai Media Informasi Umat (Studi Difusi Inovasi pada Aplikasi Masjidku). (2020). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2), 118-134. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.391