“SATIR” ANTARA KRITIK DAN SELEBRASI (ANALISIS REAKSI WARGANET TERHADAP PERMOHONAN MAAF RATNA SARUMPAET)
DOI:
https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v2i1.395Keywords:
new media, satir, etika komunikasiAbstract
Dalam ruang virtual, menyoal “satir” khususnya dalam kaitannya dengan etika sepertinya merupakan pemborosan waktu dan terkesan sangat lucu. Alibi utamanya adalah karena satir hanyalah bentuk lain dari narasi panjang atau tulisan formal yang berisi kritikan terhadap suatu persoalan. Sejauh makna tersiratnya mengungkap bentuk ketidakadilan, kecurangan ataupun kritik konstruktif yang berkaitan dengan kepentingan publik maka penelisikan lebih mendalam terkait aspek etika dianggap berlebihan. Alasan lainnya adalah bahwa persoalan etika baru akan diterima sebagai sesuatu yang urgen ketika menyangkut aktor politik, kejahatan structural, kolektif atau berbagai bentuk tindakan yang berada dalam tataran makro sedangkan pihak yang mempersoalkan etika seakan menjadi bebas nilai. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pandangan terhadap penggunaan meme bernuasa satir mencemooh dalam perspektif etika komunikasi. Simbol-simbol bernuansa satir diungkapkan dengan menggunakan simotik Charles Sanders Pierce.
Downloads
References
Buku:
Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
K, Bertenz. (2012). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Van Dijk, Jan A G M. (2006). The Network Society: Social Aspects of New Media. London: Sage Publication
Keeble, Richard Lance, John Tulloch, Florian Zollman (ed). (2010). Peace Journalism, War and CopnflictResolition. New York: Peter Lang Publishing
Lister, Martin, Dovey, Jon, Giddings, Seth, Grant, Iain, & Kelly, Kieran. (2003). New Media: A Critical Introduction (2 ed.). USA and Canada: Routledge
Nugorho, Alosius. (2010). Komunikasi dan Demokrasi: Esai-Esai Etika Komunikasi Politik. Jogjakarta: Kanisius.
Artikel dari Jurnal Daring:
https://www.suara.com/tekno/2018/10/04/090514/di-tangan-warganet-ratna-sarumpaet-jadi-meme-kocak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.