MEMBANGUN KECERDASAN BERSOSIAL MEDIA MELALUI GATEKEEPING

Authors

  • Wahyu Kristian Natalia Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • M. Alfin Fatikh Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v2i1.397

Keywords:

Membangun Kecerdasan, Media Sosial, Gatekepping

Abstract

Tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana memperoleh dan menyebarkan informasi membuat pentingnya kemampuan masyarakat dalam melakuan gate keeping. Dengan kemampuan gate keeping, diharapkan masyarakat mampu mengelola konten digital agar tidak menjadi korban atau bahkan menjadi pelaku penyebar isu hoax. Untuk melakukan gatekeeping bagi diri sendiri, masyakarat perlu memahami pentingnya membangun kecerdasaan dalam bermedia sosial.
Penelitian ini menyoroti paradigma di era komunikasi 2.0 yang memungkinkan setiap orang untuk dapat terlibat maupun memberikan feedback langsung dalam proses komunikasi khususnya dalam menggunakan sosial media. Oleh sebab itu Melihat tantangan dan peluang di era komunikasi 2.0 ini masyarakat perlu memahami 21st Century Skills sebagai bekal dasar dalam menjalankan media sosial.

References

Anggreani, Kristy. (2010). Proses Gatekeeping dalam Produksi Berita di Program Suara Anda Metro TV:Sebuah observasi proses produksi di media massa televisi.

Andreas M Kaplan, & Michael Haenlein. (2010). Users of the World, Unite The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, hlm 59-68.

Anwar, Citra Rosalyn. (2018). Industri Kebencian di Media Sosial (Fenomena Industri Kebencian Melalui Saracen dan MCA). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Cossiaveluo, Vassiliki dkk. (2018). The media Gatekepping Model Updated by R and I Icis. The case of wireless Communication in media coverage of olympic games. Spanyol : University of The Aegean.

Febriyanti, Dewi. 2013. Studi Gatekeeping Dalam Studi Berita Investigasi (Analisis Isu Penyimpangan publik di Program Berita Kompas TV)

Nasrullah, Rully, 2014. Media Sosial: Persfektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

P.N. Howard dan M.R Parks. (2012). American Behavioral Scientist. Vol. 45 No. 3, November 2001 383-404.

Rajib Ghani. (2008). Media Warfare: A Global Challenge in the 21st Century. Journal of Media and Informa-tion Warfare. Universiti Teknologi Mara, Malaysia.

Downloads

Published

2020-11-24

How to Cite

MEMBANGUN KECERDASAN BERSOSIAL MEDIA MELALUI GATEKEEPING. (2020). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(1), 75-87. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v2i1.397