Pengaruh Kualitas Akun Instagram terhadap Minat Komunitas Membaca Media Lokal

Authors

  • Immanuel Dwi Asmoro Tunggal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.399

Keywords:

Media Massa, Instagram, Minat Membaca

Abstract

Kini semakin banyak tantangan yang harus dihadapi oleh industri media. Terutama yang dihadapi oleh industri media cetak. Tantangan datang dari berbagai sudut, baik itu tantangan yang datang dari sesama jenis media, juga tantangan yang datang dari media jenis yang berbeda. Salah tantangan tersebut adalah dari kehadiran media online. Kehadiran media online telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mencari infomrasi melalui media. Penelitian ini dilakukan untuk melihat media lokal di Jawa Tengah. Suara Merdeka sebagai surat kabar tertua di Jawa Tengah harus menghadapi tantangan tersebut. Melalui akun instagram ini, Suara Merdeka berusaha mendorong komunitas untuk memiliki minat membaca Suara Merdeka. Penelitian ini ditujukan untuk melihat sebarapa jauh pengaruh kualitas akun instagram Suara Merdeka terhadap Minat Membaca. Penelitian ini menggunakan teori Hierarchy of Effect Model. Sampel yang digunakan adalah 94 orang yang berasal dari 19 komunitas yang berbeda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan antara kualitas akun instagram terhadap Minat Membaca.

References

Brodie, et al. (2011). Customer Engagement: Conceptual Domain, Fundamental Propositions, and Implications for Research. Journal of Service Research: SAGE

Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (1990). How to Design and Evaluate Research in Education. NewYork: McGraw-Hill

Furqon. (2001). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Ghozali, Imam (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Krisyantono, Rachmat (2010). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California: SAGE Publications, Inc

McCabe, Scott. (2009). Marketing Communications in Tourism & Hospitality: Concepts, Strategie s, and Cases. Hungary: Elsevier

Mayfield, Antony. (2008). What Is Social Media?. New York: iCrossing

Muhidin. (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia

Riduwan (2008) Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta

Muhidin, Sambas Ali (2017) Analisis Regresi dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV Pestaka Setia.

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhib Abdul Wahab (2004) Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (2006). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Jurnal:

Azize, Sahih et al (2012) Does Brand Communication Increase Brand Trust? The Empirical Research on Global Mobile Phone Brands. International Journal of Advanced Studies in Humanities and Social Science: Iran

Sadeghi, Tooraj, et al (2015) The Investigation of Lavidge and Steiner model’s capability in measuring the advertising effectiveness of fire insurance (ase study: Insurance company in Mashhad) European Online Journal of Natural and Social Science: 1562.

Sumber Internet:

Nielsen, AC, 2019. Survei Nielsen Masyarakat Indonesia Makin Gemar Internetan melalui situs http://mediaindonesia.com/read/detail/114722-survei-nielsen-masyarakat-indonesia-makin-gemar-internetan pada tanggal 28 Maret 2019 20.37

Id, Tangerangonline. Dewan Pers Sebut Jumlah Media di Indonesia Terbanyak di Dunia, melalui https://tangerangonline.id/2017/07/27/dewan-pers-sebut-jumlah-media-di-indonesia-terbanyak-se-dunia/ dilihat pada tanggal 20 November 2017 pkl 22:29

Downloads

Published

2020-11-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Kualitas Akun Instagram terhadap Minat Komunitas Membaca Media Lokal. (2020). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2), 100-109. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.399