Pola Komunikasi Pendampingan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah dengan Pedagang Asongan di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v3i2.442Keywords:
pola komunikasi, pendampingan, pemberdayaan masyarakatAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi upaya Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah dalam membangun komunikasi dengan pedagang asongan untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Komunikasi merupakan faktor utama untuk sebuah kemajuan MPM PP Muhammadiyah dengan pedagang asongan. Demi meningkatkan komunikasi yang baik perlu adanya sebuah pola untuk membangun komunikasi antara MPM PP Muhammadiyah dengan pedagang asongan. Dalam penelitian ini pola komunikasi yang digunakan MPM PP Muhammadiyah dengan pedagang asongan yaitu pola komunikasi sirkular. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, pertama, mengetahui pola dan proses pola komunikasi antara MPM PP Muhammadiyah dengan Pedagang Asongan di Yogyakarta. Kedua, mengetahui faktor-faktor yang menghambat proses pola komunikasi antara MPM PP Muhammadiyah dengan Pedagang Asongan di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang anggota MPM PP Muhammadiyah dengan 2 orang anggota pedagang asongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi MPM PP Muhammadiyah dengan pedagang asongan memiliki pola komunikasi sirkulasi yang pola komunikasi tersebut adanya feedback dan umpan balik. Pola komunikasi menjadi salah satu alat yang penting untuk menciptakan dan menjaga sebuah keharmonisan di dampingan MPM PP Muhammadiyah. Sebagai pendampingan MPM PP Muhammadiyah melakukan kegiatan kepada pedagang asongan sebagai bentuk pemberdayaan masyaratakat dengan membantu kemajuan dagang pedagang asongan. dan juga MPM PP Muhammadiyah membagi berbagai ilmu kepada pedagang asongan agar lebih baik lagi dalam menjual makanan yang mereka dagangkan dengan kualitas yang lebih baik dan makanan yang sudah di uji lab.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pendampingan, Pemberdayaan Masyarakat
References
Al-Balagh (2018), Jurnal Dakwah dan Komunikasi, pp. 193 – 210, Vol. 3, No. 2, Juli – Desember
Edi Suharto, (2005), Buku ”Membangun Masyarakat memberdayakan rakyat”, (Bandung: Refika Aditama), hlm.200
HASIL RAKERNAS MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH 2016
Jessica Gani, (2004) “PENGARUH HAMBATAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL MIDTOWN SURABAYA”, JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM VOL 2. NO.1
Muhammad Akhyar Hasibuan M.Si, (2019), “Komunikasi Sirkular (Circular Theory )” Oleh akhyar@yahoo.com Dosen Universitas Sumatera Utara Jurnal Network Media Vol: 2 No. 1 Februari 2019 | ISSN : 2569 - 6446 Universitas Dharmawangsa 49
Nur Hadi, (2019), “Transaksi Pedagang Asongan Menurut Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam al-Azhar Pekanbaru”, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Volume 30, Nomor 2, Juli 2019, E-ISSN 2502-3047 hal 312
Onong Uchjana Efyendy (1989), Buku “Dinamika Komunikasi Suatu Pengantar PT. Remaja Rosdakarya”. Bandung, h. 37-42
Pahlawan, K. Khatib (2005), “Kepemimpinan Islam dan Dakwah” Jakarta: Amzah.
Saptyawati, Laksmindra (2019), “PEMBERDAYAAN EKONOMI DISABILITAS TUNA RUNGU MELALUI ASSET BASED APPROACH MENUJU KEMANDIRIAN USAHA, UNIVERSITAS AMIKOM’”, Yogyakarta, 30 November 2019 ISSN: 2615-2657 235, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Syaiful Bahri Djamarah (2017), “Pola Komunikasi Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (Upaya Membantu Citra Membentuk Pribadi Anak)”. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017), hal. 11
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa (2008), “Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional”. Jakarta.
Zikri Fachrul Nurhadi, Achmad Wildan Kurniawan (2017), “Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian” ISSN: 2461-0836 2017 Jurnal Komunikasi Volume. 3 (1) Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Garut
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.