Representasi Pola Komunikasi Keluarga dalam Lagu ‘Bertaut’ Karya Nadin Amizah

Authors

  • Nabilla Zachra Lukietta Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.582

Keywords:

Lagu, pola komunikasi keluarga, representasi, roland barthes, semiotika

Abstract

Musik adalah media kesenian yang digunakan untuk mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan dan pandangan hidup seseorang. Seseorang menggunakan musik untuk menyampaikan pendapatnya atau curahan hati pribadi hingga sebuah kritik sosial melalui lirik lagu yang dilengkapi dengan video klip. Salah satu lagu tentang curahan hati pribadi seseorang adalah ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah yang berhasil menarik perhatian khalayak dan memenangkan beberapa penghargaan. Hingga kini, ‘Bertaut’ masih menduduki chart platform musik walaupun telah rilis setahun yang lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis representasi pola komunikasi keluarga yang terjadi dalam lagu ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah menggunakan Semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan paradigma kritis, dianalisis menggunakan Semiotika Roland Barthes dan dibantu dengan Teori Sudut Pandang atau Standpoint Theory karya Sandra Harding dan Julia T. Wood. Penulis menggunakan Studi Pustaka untuk mengumpulkan data dengan cara mencari sumber literatur baik buku, berita, artikel, atau kepustakaan lain, lalu informasi yang didapat diobservasi dan didokumentasikan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada video klip lagu ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah ditemukan adanya denotasi, konotasi, dan mitos tentang representasi pola komunikasi keluarga. Lagu tersebut menceritakan tentang bagaimana seorang ibu single parent berjuang untuk menjaga keluarga dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Terjadi pembagian tugas antara anggota keluarga dan saling memegang kontrol dalam kewajibannya masing-masing. Sehingga pola komunikasi yang digambarkan lagu ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah adalah Pola Komunikasi Seimbang Terpisah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeVito, Joseph A. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th Edition. New York : Pearson

Ga’ga, Mansur. (2019). Perspektif Semiotika: Kajian Kritis Terhadap Tanda. Maros : Lembaga Latoa

Lantowa, J., Marahayu, N.M., Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta : Deepublish

Maliana, I. (2020, November 9). Menyentuh Hati, Lagu Nadin Amizah ‘Bertaut’ Kisahkan Ikatan Cinta Ibu dan Anak yang Tumbuh jadi Satu. Rertieved November, 9, 2020, from Tribunnews.com website : https://www.tribunnews.com/seleb/2020/11/09/menyentuh-hati-lagu-nadin-amizah-bertaut-kisahkan-ikatan-cinta-ibu-dan-anak-yang-tumbuh-jadi-satu?page=4

Morissan. 2013. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. A. (2017). Representasi Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Keluarga Batak pada Film Toba Dreams (Analisis Semiotika Terhadap Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Keluarga Batak pada Film Toba Dreams). Universitas Sumatera Utara

Patresia, D. (2018). REPRESENTASI PRIA SEBAGAI OBJEK SEKSUALITAS DALAM VIDEO MUSIK (Studi Analisis Semiotika Video Musik Boys Charli XCX). Universitas Sumatera Utara

Putri, O. N., & Darwis, R. S. (2015). Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 279–283. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13538

Qusairi, W. (2017). Makna Kritik Sosial Pada Lirik Lagu Merdeka Karya Grup Musik Efek Rumah Kaca. Ejournal Ilmu Komunikasi, 5(4), 202–216.

Samatan, N. (2017). Riset Komunikasi I. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

______________. (2018). Riset Komunikasi II. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Suyudi, I. (2021, April 30). Personal Interview.

Waisnawa, K. (2020). Seni Musik Tradisi Nusantara. Badung : Nilacakra

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Lukietta, N. Z. (2022). Representasi Pola Komunikasi Keluarga dalam Lagu ‘Bertaut’ Karya Nadin Amizah. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(2), 89-97. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.582

Issue

Section

Articles