Hubungan Electronic Word of Mouth dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen HP Samsung
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.637Abstract
Persaingan di dunia smartphone sangat lah ketat. Dengan persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan membutuhkan produk berkualitas tinggi dan saling bersaing agar dapat dipilih oleh konsumen, salah satunya Merek HP Samsung. Saat ini salah satu cara yang dianggap efektif untuk menyebarluaskan suatu barang atau jasa yaitu dengan komunikasi electronic word of mouth (eWOM). eWOM adalah strategi yang dapat digunakan oleh praktisi PR untuk menunjang terciptanya citra dan reputasi yang baik untuk perusahaan. Bertukar atau berbagi pendapat sangat memungkinkan melalui komunikasi word of mouth secara elektronik. Salah satu bentuk dari eWOM marketing adalah media sosial seperti instagram. Instagram merupakan media sosial yang penting sebagai alat komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan electronic word of mouth dan ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa pengguna HP Samsung di wilayah Jakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow untuk populasi yang tidak diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan loyalitas konsumen. Melalui e-wom yang baik dan positif akan membentuk pula ekuitas merek suatu produk dengan baik di mata konsumen dan menjadikan konsumen loyal terhadap produk dan perusahaan tersebut.
Downloads
References
Akram, M., & Sampurno Wibowo, S.E, M. S. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Melalui Social Media. Electronic of Mouth, 2(3), 793–800.
Delafrooz, N., Rahmati, Y., & Abdi, M. (2019). The influence of electronic word of mouth on Instagram users: An emphasis on consumer socialization framework. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1606973
Fitri, M., Lubis, I. S., Haryono, A. T., Hasiolan, L. B., Jurusan, M., Fakultas, M., Universitas, E., Semarang, P., & Jurusan, D. (2016). Analisis Pengaruh Brand Equity , Kulaitas Pelayanan dan Word Of MOuth Positif terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai variabel intervening (Studi pada Konsumen Salon Rambut Johny Andrean Matahari Semarang). Journal of Management, 02(02).
Hasna, S., & Irwansyah, I. (2019). Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 18. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.18-27
Loyalitas, T., Ikhsana, P. D., Prisanto, G. F., & Anggraini, R. (2019). Penerapan Strategi E-Marketing Communication dan Ekuitas Merek. 4(1), 58–74.
Manurung, G., Lie, D., Butarbutar, M., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo ( Survei Pada Mahasiswa Stie Sultan. Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Survei Pada Mahasiswa STIE Sultan Agung Semester VI Tahun Akademik 2016/2017), 4(2), 30–39.
Pradani, F. I. (2018). Analisis Pengaruh e-WOM Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachment.
Priyambodo, G. (2019). Pengaruh Marketing Public Relations Tools Dbl Academy Terhadap Brand Awareness Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia 5-15 Tahun Disurabaya. Repository.Unair.Ac.Id, 071511533035, 1–19.
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Compp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.
Sataloff, R.T., Johns, M.M., & Kost, K.M. (n.d.). No Covariance structure analysis of health-related indicators in the elderly at home with a focus on subjective health Title. 1–7.
Soebiagdo, S., & Ruliana, P. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Stikom Interstudi terhadap Peningkatan Ekuitas Merek. InterKomunika, 2(2), 146. https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.34
Soraya, I. (2015). Pengaruh Promosi Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Cipaganti Travel. Komunikasi, VI(2), 11–23.
Yazid, & Oktasari, M. (2014). Peranan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal EKBISI: Ekonomi Dan Bisnis Islam, VIII(2), 156–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.