EVALUASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1093Keywords:
Augmented Reality, Media pembelajaran, Bangun RuangAbstract
Model pembelajaran menggunakan metode ceramah masih digunakan dalam pelajaran matematika pada materi bangun ruang di SD Muhammadiyah Noyokerten kelas IV. Dalam mempelajari bangun ruang, siswa dituntut memiliki imajinasi yang tinggi serta konstentrasi yang mendalam dalam mendeskripsikan unsur-unsur bangun ruang (sisi, sudut, jaring, tepi). Salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu visualisasi bangun ruang yakni menggunakan teknologi Augmented Reality. Penelitian dimulai dengan melakukan analisis masalah pada SD Muhammadiyah Noyokerten kelas IV, melakukan perancangan sistem, coding program hingga testing. Testing yang dilakukan meliputi black box atau menguji fungsionalitas aplikasi, validasi kepada 2 ahli materi dan uji coba kepada 31 siswa. Hasil uji black box menandakan bahwa fungsional aplikasi telah berjalan dengan baik. Hasil validasi kepada ahli materi menandakan bahwa aplikasi reliable untuk digunakan. Kebergunaan aplikasi dinilai dengan membandingkan hasil belajar pemahaman materi siswa dari model pembelajaran ceramah (pretest) dan menggunakan aplikasi augmented reality (post test) yang dikembangkan. Hasil uji siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata pretes adalah 49.68 dan rata-rata nilai post test adalah 74.84. Hal ini berarti ada peningkatan hasil belajar materi bangun ruang sesudah menerapkan media pembelajaran dengan teknologi augmented reality.
Downloads
References
Y. Hendriyani, H. Effendi, D. Novaliendry, and H. Effendi, “AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 62–67, Dec. 2019, doi: 10.24036/TIP.V12I2.244.
S. Saputri and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 15–24, Apr. 2020, doi: 10.34010/KOMPUTIKA.V9I1.2362.
I. Mustaqim, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 174–183, Oct. 2016, doi: 10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V13I2.8525.
A. Harsa, A. Yusika, B. Satria, T. Informatika, S. Widya, and C. Dharma, “Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality dengan Metode Marker Augmented Reality,” Sebatik, vol. 15, no. 1, pp. 19–24, Jan. 2016, Accessed: May 26, 2023. [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/237599/.
M. Mantasia and H. Jaya, “Pengembangan teknologi augmented reality sebagai penguatan dan penunjang metode pembelajaran di SMK untuk implementasi Kurikulum 2013,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 3, pp. 281–291, Nov. 2016, doi: 10.21831/JPV.V5I3.10522.
F. N. Astuti, S. Suranto, and M. Masykuri, “Augmented Reality for teaching science: Students’ problem solving skill, motivation, and learning outcomes,” JPBI (Jurnal Pendidik. Biol. Indones. , vol. 5, no. 2, pp. 305–312, Jul. 2019, doi: 10.22219/JPBI.V5I2.8455.
R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ., vol. 6, no. 4, pp. 355–385, Aug. 1997, doi: 10.1162/PRES.1997.6.4.355.
I. Bagus and M. Mahendra, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK,” J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, Apr. 2016, Accessed: May 26, 2023. [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26341.
T. Mulyadi, M. Rizal, A. Amiruddin, T. Informatika, and S. Akba Makassar, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA EDUKASI PERKENALAN ALAT MUSIK DENGAN METODE SINGLE MARKER,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 18–21, Jan. 2020, doi: 10.24076/JOISM.2020V1I2.26.
K. H. Bagus, A. Buchori, and A. N. Aini, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” vol. 6, no. 1, pp. 61–69, 2018, Accessed: May 26, 2023. [Online]. Available: https://www.mendeley.com/catalogue/9948beb3-3c45-36c1-a330-4476cb41d936/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7ef41612-1a05-3b51-a75c-f77b9463de14%7D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.