AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN DALAM MANUSIA BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1651Keywords:
media pembelajaran, augmented reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Organ dalam manusiaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) yang dioperasikan pada platform Android sebagai media pembelajaran. Dengan mulai berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, media pembelajaran tradisional seperti buku dan papan tulis perlu ditingkatkan dengan media yang lebih interaktif dan menarik. Teknologi Augmented Reality berbasis Android dapat digunakan untuk mempermudah pemahaman tentang organ dalam manusia, memberikan pengalaman belajar yang baru dan interaktif bagi pengguna yang ingin mempelajari organ dalam manusia secara mendetail. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dirancang untuk membantu mengenalkan organ dalam manusia seperti jantung, paru-paru, hati, lambung, dan ginjal dalam bentuk aplikasi Android. Dengan antarmuka yang responsif dan mudah digunakan, diharapkan aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk lebih mudah mengenal organ dalam manusia.
Downloads
References
G. Pengembangan Augmented Reality pada Buku Bacaan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Arifah Suryaningsih SMK Negeri, “Edisi Khusus Pelatihan Guru di Luar Negeri-35,” vol. 4, no. 1, Accessed: Jun. 09, 2024. [Online]. Available: https://techno.okezone.com
Y. S. RAHAYU and S. C. WIBAWA, “PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” IT-Edu?: Jurnal Information Technology and Education, vol. 3, no. 01, pp. 64–74, Jul. 2018, Accessed: Jun. 09, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/24675
R. Zulfia, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIRUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PANTI KAB. PASAMAN DITINJAU MENURUT EKONOMI,” 2019, Accessed: Jun. 09, 2024. [Online]. Available: https://repository.uin-suska.ac.id/19623/
R. Mauludin, A. S. Sukamto, and H. Muhardi, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), vol. 3, no. 2, pp. 117–123, Dec. 2017, doi: 10.26418/JP.V3I2.22676.
M. Adaptasi et al., “Teknologi Augmented Reality (Ar) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Sains Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru,” journal.walisongo.ac.idJ Juwita, EZ Saputri, I KusmawatiBioeduca: Journal of Biology Education, 2021•journal.walisongo.ac.id, vol. 3, no. 2, pp. 124–134, 2021, Accessed: Jun. 09, 2024. [Online]. Available: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6636
H. Maulana, T. Lathif Mardi Suryanto, R. Alit, L. Sari Putri Wardhani, and T. Safana Mustofa, “Inovasi Interaktif: Merancang dan Membangun Virtual Tour Asriloka Wonosalam Menggunakan Metode MDLC”.
P. Studi Sistem Informasi, “IMPLEMENTASI TIK PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DENGAN MODEL MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) UNTUK INFORMASI DIGITAL PARIWISATA SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENGUNJUNG DESA WISATA DOKAN Romanus Damanik 1) , Wasit Ginting 2),” JIK), vol. 5, no. 1, 2021.
D. Adrianto, F. A. Luwinda, and V. Yesmaya, “Augmented Reality Implementation in Watch Catalog as e-Marketing Based on Mobile Aplication,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Mar. 2017. doi: 10.1088/1742-6596/801/1/012008.
A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” Jurnal Transformatika, vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.
F. N. Astuti, S. Suranto, and M. Masykuri, “Augmented Reality for teaching science: Students’ problem solving skill, motivation, and learning outcomes,” JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), vol. 5, no. 2, pp. 305–312, Jul. 2019, doi: 10.22219/jpbi.v5i2.8455.
T. Mulyadi, M. Rizal, A. Amiruddin, T. Informatika, and S. Akba Makassar, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Sarana Edukasi Perkenalan Alat Musik Dengan Metode Single Marker,” jurnal.amikom.ac.idT Mulyadi, A AmiruddinJournal of Information System Management (JOISM), 2020•jurnal.amikom.ac.id, vol. 1, no. 2, pp. 2715–3088, 2020, Accessed: Jun. 09, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/26
L. Setiyani, “Implementasi Cybersecurity pada Operasional Organisasi,” 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Information System Management (JOISM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.