PERBANDINGAN PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA TERHADAP KEGUNAAN LMS WASKITA

Authors

  • Rum Mohamad Andri K Rasyid Universitas Amikom Yogyakarta
  • Agung Pambudi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rahma Widyawati Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2024v5i2.1337

Keywords:

SUS, System Usability Scale, LMS, Learning Management System, Waskita

Abstract

Universitas Amikom Yogyakarta telah menggunakan Learning Management System (LMS) yang diberi nama Waskita sebagai media pembelajaran, namun sampai dengan lebih dari 2 tahun belum seluruh dosen memanfaatkan sepenuhnya bahkan masih ada dosen yang memanfaatkan media lain pada proses belajar mengajar yang dianggap lebih baik dan lebih familiar. Sehingga mahasiswa saat ini menggunakan beberapa media pembelajaran tergantung pada dosen yang mengajar pada suatu mata kuliah tertentu. Maka dipandang perlu untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa terhaap LMS Waskita untuk diperbandingkan. Menggunakan metode System Usability Scale (SUS) ditemukan perbedaan yang signifikan diantara persepsi Dosen dan Mahasiswa sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan dalam penggunaan LMS Waskita di Universitas Amikom Yogyakarta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nofri Yuld Arifin and Okta Veza, “Dashboard Sistem Aplikasi Pengelolaan Obat,” Engineering and Technology International Journal, vol. 1, no. 2, pp. 52–64, 2019.

S. Saifan, “Peran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Edukasi, vol. 8, no. 1, 2021.

R. Andriani and A. Sa’di, “E-Learning Moodle Usability Evaluation Using the SUS Questionnaire in Higher Education,” 2022. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

M. Nawawi and H. Rubedo, “Pengukuran Usability E-Learning berbasis Moodle di Universitas Wanita Internasional Menggunakan USE Questionnaire,” Jurnal Teknologi dan Informasi, 2022, doi: 10.34010/jati.v12i1.

Dimas Setiawan, Suluh Langgeng Wicaksono, and Naufal Rafianto, “Evaluasi Usability e-Learning Moodle dan Google Classroom menggunakan SUS Quisionnare,” JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 55–64, May 2020, doi: 10.46510/jami.v1i1.13.

S. Aisyah et al., “Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 125–132, 2021, [Online]. Available: https://disdik.riau.go.id.

P. Kanah Arieska, N. Herdiani, P. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, F. Kesehatan, and U. Nahdlatul Ulama Surabaya Alamat, “Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif,” 2018. [Online]. Available: http://jurnal.unimus.ac.id

Kasmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Binaan di Kabupaten Takalar Kasmawati,” 2020. [Online]. Available: https://ojs.bpsdmsulsel.id/

S. Ernawati and A. Dwi Indriyanti, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika),” JEISBI, vol. 03, p. 2022.

A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method),” 2019.

M. A. Maricar and D. Pramana, “Usability Testing pada Sistem Peramalan Rentang Waktu Kerja Alumni ITB STIKOM Bali,” Jurnal Eksplora Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 124–129, Mar. 2020, doi: 10.30864/eksplora.v9i2.326.

MP Suprajogo and Nina Ratnaningsih, “Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T,” 2020.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Rasyid, R. M. A. K., Pambudi, A., & Widyawati, R. (2024). PERBANDINGAN PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA TERHADAP KEGUNAAN LMS WASKITA. Journal of Information System Management (JOISM), 5(2), 134 - 139. https://doi.org/10.24076/joism.2024v5i2.1337

Issue

Section

Articles