IMPLEMENTASI CHATBOT PADA WHATSAPP UNTUK MONITORING SUMBER DAYA SERVER
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2023v4i2.960Keywords:
chatbot, manajemen server, monitoring server, whatsapp APIAbstract
Monitoring server merupakan metode untuk melakukan pemantauan kinerja dari suatu sumber daya pada suatu server. Monitoring server membantu syadmin untuk mengetahui penggunaan sumber daya sistem seperti, CPU, penggunaan memori, input dan output, network, dan disk. Untuk menjaga stabilitas performa server diperlukan mekanisme monitoring. Monitoring menjadi bagian dari tugas system administrator dalam melakukan pemantauan server selama 24 jam. Namun system administrator tidak dapat terus-menerus melakukan pemantauan secara penuh selama 24 jam, sehingga peneliti melakukan percobaan implementasi chatbot untuk dapat memonitor server secara real time dan dapat diakses di mana saja. Dari Hasil pengujian, aplikasi chatbot yang dikembangkan dapat melakukan tugas dalam memonitor server dengan menampilkan informasi sumber daya aplikasi atau layanan yang berjalan pada server secara real time melalui chat pada whatsapp.
Kata Kunci:
chatbot, manajemen server, monitoring Server, whatsapp API
Downloads
References
L. ROHMAWATI, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WHATSAPP BOT UNTUK MONITORING SERVER,” skripsi, Universitas Teknologi Digital Indonesia, 2022. doi: 10/10_165410174_LAMPIRAN.pdf.
M. Agung, R. Roslina, and R. E. Sari, “Implementasi Aplikasi Pembuatan Chat,” J. Mhs. Fak. Tek. Dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 293–306, 2020.
I. M. Pustikayasa, “Grup whatsapp sebagai media pembelajaran,” Widya Genitri J. Ilm. Pendidik. Agama Dan Kebud. Hindu, vol. 10, no. 2, pp. 53–62, 2019.
V. Dihni, “Indonesia Pengguna WhatsApp Terbesar Ketiga di Dunia,” Databoks Katadata, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/23/indonesia-pengguna-whatsapp-terbesar-ketiga-di-dunia (accessed Dec. 30, 2022).
D. Karismata, “Perancangan Bot untuk Remote Monitoring pada Server menggunakan Telegram Bot API,” Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana, 2016. [Online]. Available: https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11449/2/T1_672012109_Full%20text.pdf
F. Muriyanto, “MONITORING SERVER MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM DENGAN LOAD BALANCING MICROSERVICE DOCKER,” skripsi, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, 2020. Accessed: Dec. 30, 2022. [Online]. Available: https://eprints.utdi.ac.id/9020/
A. Nurhayati, “MONITORING SISTEM KEAMANAN JARINGAN BERBASIS ?EGRAM BOT PADA LOCAL AREA NETWORK,” J. Inform. Commun. Technol. JICT, vol. 1, no. 2, pp. 45–53, 2019.
R. J. Putra, N. P. Sastra, and D. M. Wiharta, “PENGEMBANGAN KOMUNIKASI MULTIKANAL UNTUK MONITORING INFRASTRUKTUR JARINGAN BERBASIS BOT TELEGRAM,” J. SPEKTRUM, vol. 5, no. 2, 2018, doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2018.v05.i02.p19.
P. B. Ramadhanu and A. T. Priandika, “Rancang Bangun Web Service Api Aplikasi Sentralisasi Produk Umkm Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 59–64, 2021.
E. Wijaya and P. Pebriantara, “Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran dengan Memanfaatkan Chatbot API Dialogflow dan Moodle Berbasis Android Pada SMA IT ALIA Tangerang,” Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp., vol. 3, no. 2, pp. 328–335, Dec. 2018, doi: 10.34010/aisthebest.v3i2.1522.
M. A. Nugroho, A. Damayanti, M. F. Rifai, and S. Windarti, “PENGEMBANGAN APLIKASI QnA UNTUK PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM,” J. Inf. Syst. Manag. JOISM, vol. 3, no. 1, pp. 18–23, Jan. 2021, doi: 10.24076/JOISM.2021v3i1.408.
A. Fathurrozi and F. Karimah, “PELAYANAN DAN INFORMASI CUSTOMER SERVICE BERBASIS BOT TELEGRAM DENGAN ALGORITMA FORWARD CHAINING PADA CV.PRIMGUARD INDONESIA,” J. Inform. Inf. Secur., vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.31599/jiforty.v2i2.884.
R. Suryana, M. Aryanto, R. Kurniawan, K. S. G. P. Satmata, Y. Yulianti, and A. Saifudin, “Pengembangan Kecerdasan Buatan Whatsapp Chatbot untuk Mahasiswa,” J. Teknol. Sist. Inf. Dan Apl., vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2022, doi: 10.32493/jtsi.v5i1.15487.
M. Strutynskiy, “A concept of an intent-based contextual chat-bot with capabilities for continual learning.” 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Information System Management (JOISM)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.