Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang)

Authors

  • Alfira Damayanti Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Isniyunisyafna Diah Delima Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Ari Suseno Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308

Keywords:

Instagram , Konten, Pemanfaatan media sosial, Perkembangan internet

Abstract

Media sosial memiliki kepentingan yang signifikan bagi masyarakat, menyediakan informasi yang cepat, efisien, dan akurat melalui berbagai saluran komunikasi yang digunakan oleh organisasi, perusahaan, dan pemerintah. Salah satunya pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh Rumah KIM Kota Tangerang. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemanfaatan yang dilakukan oleh Rumah KIM sebagai media informasi dan publikasi kepada masyarakat serta kelompok informasi masyarakat (KIM) lalu hambatan yang dialami oleh akun instagram @rumahkimkotatangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan model analisis data Miles and Huberman, diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, dalam pemanfaatan media sosial Instagram @rumahkimkotatangerang sudah cukup optimal hanya saja ada beberapa indikator yang masih kurang. Serta faktor penghambat yang dialami yaitu konten, design dan minat masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, K. Z., & Soegiarto, A. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi Subbagian Protokol Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 12(2), 103. https://doi.org/10.31506/jrk.v12i2.11928

Dewojati, R. K. W. (2015). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6633

Fajri, J. (2017). Dimensi Interaktivitas Media Sosial Instagram Instamarinda Guna Memperkenalkan Daerah Pariwisata di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(3), 87–101.

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., S, T. E. A. P., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial?: Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insania. https://books.google.co.id/books?id=DUIyEAAAQBAJ

Indrawan, J., & Ilmar, A. (n.d.). KEHADIRAN MEDIA BARU ( NEW MEDIA ) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK Studi Ilmu Politik , Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran ” Jakarta?; 2 Program Studi Ilmu Politik Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara ( STIP-AN ). 8, 1–17.

Maharani, V. E., & Djuwita, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Semarang. E-Proceeding of Management, 7(2).

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Nasrullah, R. (2022). Teori dan riset media siber (cybermedia). Prenada Media.

Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Romadona, I. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Penyebaran Informasi di Fadel Muhammad Resource Center.

Stellarosa, Y., Firyal, S. J., & Ikhsano, A. (2018). Use of Youtube as a Tool for Transforming Highend Magazine. LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(2), 59–68.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Alfabeta Bandung.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 123–130.

Usman, R. P., & Kurniasari, N. G. A. K. (2021). UPAYA PUBLIKASI KOPI CAT CAFE MELALUI INSTAGRAM@ KOPICAT. GROOVY BY GROOVY DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. PANTAREI, 5(03).

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Damayanti, A., Delima, I. . D. ., & Suseno, A. . (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 173-190. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308

Issue

Section

Articles