Analisis Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Kegiatan Bimbingan Mentor Untuk Meningkatkan Citra Diri Anak Remaja Panti Asuhan
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v7i1.1370Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Mentor, Citra DiriAbstract
Remaja merupakan salah satu tahap perkembangan dalam kehidupan manusia, mengenal masa ini dengan masa terganggunya citra diri anak. Tahap perkembangan ini, merupakan tahapan transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa, sehingga perkembangan dalam segala aspeknya berkembang begitu pesat. Selain itu, masa remaja juga dihadapkan pada tekanan sosial baru, yaitu dimana remaja dituntut untuk dapat merencanakan karir masa depan, menjadi lebih mandiri, dan untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis, semua mengarahkan individu menjauh dari keluarga dan menuju penciptaan yang baru keluarga. Penelitian ini akan berfokus pada komunikasi interpersonal dalam kegiatan bimbingan mentor pada remaja panti untuk meningkatkan citra diri anak remaja panti asuhan, komunikasi interpersonal dalam proses kegiatan bimbingan mentor untuk meningkatkan citra diri anak remaja panti asuhan, mengetahui hal yang dapat menghambat serta hal yang mendukung dalam komunikasi interpersonal dalam proses kegiatan bimbingan mentor untuk meningkatkan citra diri anak remaja panti asuhan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sehingga memperoleh hasil komunikasi interpersonal antara mentor dengan remaja panti secara verbal terjalin dengan efektif dan dapat membangun citra diri yang positif pada remaja panti yang ditunjukkan melalui pandangan bahwa dirinya berharga. Faktor psikologis dari mentor maupun remaja panti menjadi penghambar keefektifan komunikasi interpersonal, sehingga sulit terbangunnya citra diri positif remaja panti. Kenyamanan dapat membuat seseorang menjadi lebih terbuka dan hal tersebut dapat membuat mentor lebih mudah dalam mempengaruhi remaja panti untuk membentuk citra diri yang lebih positif.
References
Aesthetika, Nur Maghfirah. 2018. “Komunikasi Interpersonal.” Komunikasi Interpersonal 106.
Ajhuri. 2019. “Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.” Penebar Media Pustaka. 122.
Anam, Chairul. 2018. “Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik SPN (Sekolah Polisi Nasional) Guna Menghadapi Tantangan Keamanan Global.” Jurnal Ilmu Kepolisian | 12.
Anggraini, Citra, )?; Denny, Hermawan Ritonga, Lina Kristina, Muhammad Syam, and Winda Kustiawan. 2022. “Komunikasi Interpersonal.” Jurnal Multidisiplin Dehasen 1(3):337–42.
Dean. 2014. “Frequency of Pathogenic Germline Variants in Cancer-Susceptibility Genes in Patients With Osteosarcoma.” Retrieved (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7082769/).
Dutcher, Janine M., and J. David Creswell. 2018. “The Role of Brain Reward Pathways in Stress Resilience and Health.” Neuroscience and Biobehavioral Reviews 95(October):559–67. doi: 10.1016/j.neubiorev.2018.10.014.
AL Fazri, Muhammad, Indry Anggraini Putri, and Suhairi Suhairi. 2021. “Keterampilan Interpersonal Dalam Berkomunikasi Tatap Muka.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 2(1):46–58. doi: 10.47467/dawatuna.v2i1.510.
Grant, John, British Columbia, and Canadian Cas. 2015. “Citizens ’ Assemblies Provide an Institutional Foothold for Republican Political Practices.”
Khotimah, Indah Husnul. 2021. “Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Diklat.” Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Diklat 03(02):406–12.
Marhamah, Qarinatul, and Okatiranti. 2019. “Gambaran Citra Diri Siswa-Siswi Di SMPN 3 Soreang Pada Masa Pubertas.” Jurnal Ilmu Keperawawatan 2(2):123–30.
Patriana, Eva. 2014. “Komunikasi Interpersonal Yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan Dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Bapas Surakarta.” Journal of Rural and Development?Volume V V(2):203.
Qamarina, Nur. 2017. “Peranan Panti Asuhan Dalam Melaksanakan Fungsi Pengganti Keluarga Anak Asuh Di Uptd Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Kota Samarinda.” EJournal Administrasi Negara 5(3):6488–6501.
Rahmah, Silfia, Asmidir Asmidir, and Nurfahanah Nurfahanah. 2016. “Masalah-Masalah Yang Dialami Anak Panti Asuhan Dalam Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan.” Konselor 3(3):107. doi: 10.24036/02014332993-0-00.
Rizqi. 2022. “Hubungan Antara Empati Dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Mtsn 1 Banda Aceh.”
Samsinar. 20017. Komunikasi Antarmanusia?: Komunikasi Intrapribadi, Antarpribadi, Kelompok/Organisasi.
Selviana, and Sari Yulinar. 2022. “Instagram Di Indonesia Pada Awal Tahun 2011, Media Penggunaan Media Sosial Secara Pribadi Dengan Berbagi Foto, Berita Dan Izinkan Video Dengan Filter Yang Diterapkan Mendigitalkan Dan Berbagi Dengan Pengguna Lain Instagram (Stephanie, 2020).” Jurnal IKRA-ITH HUMANIORA 6(1):37–45.
Sitompul, Mukti. 2015. “Pengaruh Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Pengurus Panti Asuhan Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak-Anak Panti Asuhan Aljamyatul Washliyah Medan.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal) 1(2):176–88.
Suriati, Samsinar, and Nur A. Rusnali. 2022. Buku Pengantar Ilmu Komunikasi.
Suryandari, Nikmah, and Andika Trilaksono. 2019. “Studi Komunikasi Antarbudaya Di Kelurahan Ampel Surabaya.” Jurnal Komunikasi 13(2):141–48. doi: 10.21107/ilkom.v13i2.6294.
Widiani, and Trishinta. 2017. “Hubungan Citra Diri Dengan Tingkat Kepercayaan Remaja Di SMKN 11 Malang Kelas XI.” Nursing News 2(3):534–43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.