Analisis Pergerakan Kamera pada Narasi Visual Isu Lingkungan Film Semua Pasti Bertuan
DOI:
https://doi.org/10.24076/60qexf62Keywords:
camera movement, visual narrative, documentary filmAbstract
Film dokumenter merupakan media edukatif yang efektif dalam menyampaikan isu sosial dan ekologis melalui pendekatan visual yang kuat. Salah satu aspek teknis yang berperan penting dalam efektivitas penyampaian pesan adalah penggunaan pergerakan kamera. Penelitian ini menganalisis bagaimana teknik pergerakan kamera dalam film dokumenter Semua Pasti Bertuan digunakan untuk membangun narasi visual yang mendalam dan mendukung pesan edukatif mengenai pengelolaan sampah plastik. Melalui observasi shot-by-shot dan analisis naratif, ditemukan bahwa kombinasi track in, handheld, panning, dan static shot tidak hanya memperkuat dimensi estetika, tetapi juga membentuk pengalaman sinematik yang edukatif dan empatik. Penelitian ini menegaskan bahwa sinematografi memiliki kontribusi penting dalam memperkuat daya persuasi dan keterlibatan audiens terhadap isu yang diangkat.
References
Adiprabowo.(2022). Pengantar Tata Kamera Single Camera-Multi Camera Film dan Televisi. Bantul
Aditya, Yuki, & Sasono.( 2013.) eds. DigDoc Materi: In-docs, Jakarta
Aini, N. (2023). Pesan Dakwah dalam Film Animasi Nussa dan Rara Episode 1-5 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Mukasi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 1-10.
Arnheim, R. (1974). Art and Visual Perception: A Psychology of the Creative Eye. University of California Press.
Block, B. (2007). The Visual Story: Creating the Visual Structure of Film, TV and Digital Media. Focal Press.
Bordwell, D., & Thompson, K. (2013). Film Art: An Introduction. McGraw-Hill.
Corrigan, T., & White, P. (2012). The film experience: An introduction (3rd ed.). Bedford/St. Martin’s.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2018. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California: SAGE Publications, Inc.
Fitri, S. and Ferza, R. (2020). Dinamika, problematika, dan implikasi kebijakan pengelolaan sampah plastik di daerah. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(1), 11-24. https://doi.org/10.47441/jkp.v15i1.40
Hasan, M., Xu, M., He, X., & Xu, C. (2014). Camhid: camera motion histogram descriptor and its application to cinematographic shot classification. Ieee Transactions on Circuits and Systems for Video Technology, 24(10), 1682-1695. https://doi.org/10.1109/tcsvt.2014.2345933
IPB PRESTASI. (2024, Juni 12). [LIVE DAY 2] Divisi 3 Video Digital Pendidikan – LIDM 2024 IPB University [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=9mUzZY5H6ZU&t=8226s
Irawanto, B., & Octastefani, T. (2019). Film Dokumenter Sebagai Katalis Perubahan Sosial: Studi Kasus Ambon, Aceh Dan Bali. Jurnal Kawistara, 9(1), 107-119.
Kosala, J. (2017). Analisis Teknik Pergerakan Kamera pada Film Bergenre Action Fast and Furious 7 (Doctoral Dissertation, Fakultastion, Fakultas Seni Rupa Dan Desain).
Lee, M., Baek, S., Shim, Y., & Lee, M. (2021). Analysis of object-centric visual preference in 360-degree videos. Ieee Access, 9, 98026-98038. https://doi.org/10.1109/access.2021.3095284
Media studies fine arts. (2012). Camera movement. Fine Arts Textual Analysis. https://fineartstextualanalysis.blogspot.com/2012/09/camera-movement.html
Nichols, B. (2024). Introduction to documentary. Indiana University Press.
Pratista, H. (2008). Memahami Film. Homerian Pustaka.
Rikarno, R. (2015). Film dokumenter sebagai sumber belajar siswa. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 17(1), 129-149.
Saidah, M., & Setiyoningsih, A. (2023). Analisa misrepresentasi dalam pembentukan stereotype pada film dokumenter. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 285-305.
Sakinah et al. (2022). Sosialisasi Dampak Sampah Laut sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan di Desa Pesisir Besuki, Kabupaten Situbondo. Pekat jurnal pengabdian kepada masyarakat doi:10.37148/pekat.v1i2.11.
Spencer, D. A. (t.t.). The Focal Dictionary of Photography Technologies. Dalam Zein, M., Budi, D., & Arifianto, A. (2023). Film dokumenter partisipatif: menerapkan metode most significant change (msc) stories dalam film dokumenter. Jurnal Kajian Seni, 9(2), 166-166. doi: 10.22146/jksks.81631
Sturken, M., & Cartwright, L. (2009). Practices of Looking: An Introduction to Visual Culture. Oxford University Press.
Sutisna et al. (2024). Dampak Nilai Personal dan Pertimbangan Konsekuensi Masa Depan Terhadap Intensi Sustainable Entrepreneurship dalam Komunitas Muslim. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan doi:10.31940/jbk.v20i1.28-39.
Syah, A. (2021). Management of marine and fisheries resources: cipta kerja act and Islamic perspective. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(2), 63-70. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i2.74
View Of Cinema. (2024). Semua Pasti Bertuan [Video]. YouTube. https://youtu.be/UrBgGia0omo?si=9vC0IDMkWs5VlqD4
Wheeler, P. (2005). Practical cinematography (2nd ed.). Focal Press.
Widiantara, D., Pradnyana, I., & Sindu, I. (2019). Film dokumenter permainan tradisional "penyu mataluh". Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 8(2), 120. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18193
Yesifa, M., Winoto, Y., & Khadijah, U. (2024). Dokumentasi alat musik karinding komunitas Saung Mang Dedi sebagai pelestarian budaya sunda (studi action research film dokumenter alat musik karinding komunitas Saung Mang Dedi di desa sindangpakuon kecamatan cimanggung, kabupaten sumedang). Jadecs (Journal of Art Design Art Education and Culture Studies), 9(1), 36. https://doi.org/10.17977/um037v9i12024p36-53A
Yunita, L. and Mutiaz, I. (2023). Analisa sinematografi serial dokumenter kisarasa dalam memperkenalkan kekayaan kuliner khas indonesia. Viswa Design Journal of Design, 3(2), 85-94. https://doi.org/10.59997/vide.v3i2.2371
Zein, M., Budi, D., & Arifianto, A. (2023). Film dokumenter partisipatif: menerapkan metode most significant change (msc) stories dalam film dokumenter. Jurnal Kajian Seni, 9(2), 166-166. doi: 10.22146/jksks.81631
Zulfi Anwar, R. (2020). Pergerakan Kamera untuk Memperkuat Dramatik pada Sinematografi Film “Bajing Loncat”. Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.