Konstruksi Pesan Pada Konten Media Sosial Instagram @Naturebridgeid
DOI:
https://doi.org/10.24076/r6mpa764Keywords:
@naturebridgeid , Instagram, Konten, Konstruksi Pesan , Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis konstruksi pesan promosi oleh @naturebridgeid melalui tiga tahap proses sosialisasi menurut teori konstruksi sosial: eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap eksternalisasi, NatureBridge menampilkan nilai dan identitas brand melalui konten yang informatif, edukatif, dan emosional. Pada tahap objektivasi, pesan diterima dan dinormalisasi oleh pengikut. Tahap internalisasi menunjukkan bahwa pengikut mengadopsi nilai yang disampaikan sebagai bagian dari sistem nilai pribadi mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam kajian komunikasi digital, khususnya terkait strategi visual dan verbal dalam promosi produk melalui media sosial Instagram
References
Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Anchor Books. (dikutip dalam Rakhmatullah, 2025
Databoks. (2024). 8 Negara Pengguna Instagram Terbesar (Per Juli 2024). Https://Www.Instagram.Com/P/Dclu_Mmpv95/?Igsh=Mwt2dxp5yjewbdz4n g%3d%3d
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 6(1). Https://Andi.Link/Hootsuite-WeAre
Handayani, I. (2021). Industri Petshop di Indonesia Terus Berkembang Pesat di Masa Pandemi. Investor.Id. https://investor.id/business/270166/ind ustri-petshop-di-indonesia-terus-berke mbang-pesat-di-masa-pandemi
Healthforanimals. (2022). Global State of Pet Care Stats, Facts and Trends. Health for Animals. https://healthforanimals.org/reports/pet -care-report/global-trends-in-the-pet-p opulation/
Ichsan, A. N., & Rochmaniah, A. (2024). Persepsi Pengikut Instagram @Disperpusip_Sidoarjo Terhadap Promosi Perpustakaan. Journal Of Library And Information Science,1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.47134/Jlis.V1i1264 4
Mahandara, A. (2023). Potensi Pet Economy Di Indonesia . Adco Law. Https://Adcolaw.Com/Id/Blog/Potensi -Pet-Economy-Di-Indonesia/
Nikijuluw, G., Rorong, A., & Londa, V. (2020). Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou Iii Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Administrasi Publik, 6(92).
Nurfauziyah, S., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2023). Penggunaan Instagram Sebagai Media Literasi Digital Pada Akun @Dp3akarawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 2023(9), 245–254. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.79517 36
Prabowo, F. (2022). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Usaha Bisnis Digital | Kumparan.Com. Https://Kumparan.Com/Farah-Yusrina -Prabowo/Penggunaan-Media-Sosial-I nstagram-Pada-Usaha-Bisnis-Digital-1 zqorp74ls2
Rakuten Insight. (2021). Asia’s Leader In Online Market Research. Https://Insight.Rakuten.Com/Pet-Own ership-In-Asia/
Zafirah, S., & Ws, J. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Catchmeupco Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Bagi Followers. Ejournal Ilmu Komunikasi, 2024(4), 324–335.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.