Strategi Komunikasi Pemasaran Toko @Xstyle.id pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Bayu Prasetyo Nugroho Universitas Gunadarma
  • Nuriyati Samatan Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.595

Keywords:

Covid-19, Strategi Komunikasi, Teori Sistem

Abstract

Toko Xstyle.id adalah salah satu pelaku bisnis fashion yang berlokasi di wilayah DKI Jakarta dimana pada saat masa pandemi covid-19 mereka tetap bertahan. Dalam hal ini diperlukan strategi komunikasi yang dapat membantu dalam memasarkan produknya sehingga Toko Xstyle.id dapat bertahan ketika menghadapi masa sulit seperti pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi komunikasi pemasaran yang digunakan ketika masa pandemi covid-19 dan melihat bagaimana pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini melibatkan 1 (satu) orang sebagai key informan dan 3 (tiga) orang sebagai informan pendukung. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Sistem dan Teori Bauran Promosi (Promotion Mix). Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat elemen-elemen strategi komunikasi yang digunakan oleh Toko Xstyle.id untuk memasarkan produknya seperti Teknik Redudancy, Canalizing, Informatif, Persuasif, dan Edukatif. Selain itu, pihak toko juga memanfaatkan dengan baik keberadaan sosial media Instagram untuk dijadikan sebagai media promosi berbagai macam produknya.

References

Akhmad Rifqi. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Buku Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Pendiri @Tausyiahku). Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ihsanuddin., Hakim, R N. Pidato lengkap Jokowi, dari PSBB, listrik gratis, hingga keringanan kredit. Retrieved June, 12, 2021, from Kompas.com website: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/31/16271751/pidato-lengkap-jokowi-dari-psbb-listrik-gratis-hingga-keringanan-kredit?page=all

Littlejohn W. Stephen dan Karen A. Foss. 2009. Ecyclopedia of Communication Theory. USA: Rolf A. Janke.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saladin, Djaslim. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.

Samatan, Nuriyati. 2017. Riset Komunikasi 1. Jakarta: Gunadarma.

Trias Aprilya. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyafashop melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. Universitas Mulawarman.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Prasetyo Nugroho, B., & Samatan, N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Toko @Xstyle.id pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(1), 40-48. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.595

Issue

Section

Articles