Strategi Komunikasi Eksternal Public Relations Pemerintah Kota Salatiga di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Tarra Nur Azizah Sulistiani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Lina Sinatra Wijaya Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.597

Keywords:

Public relation, Strategi Komunikasi, Langkah-langkah Strategi Komunikasi

Abstract

Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang juga menujukkan kenaikan dalam jumlah kasus Covid-19. Oleh karena itu, Public Relations atau biasanya disebut juga Humas  pemerintah Kota Salatiga merancang suatu strategi untuk mengurangi penyebaran Covid 19 di Salatiga dengan melaksanakan suatu strategi yaitu memberikan jarak bagi pedagang pasar pada pagi hari yang dilaksanakan mulai tanggal 27 April 2020. Pasar merupakan salah satu tujuan dari program humas, dikarenakan pasar merupakan salah satu sarang terjadinya keramaian masyarakat. Namun sayangnya, kasus positif Covid-19 di Salatiga belum menunjukkan penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations Department Pemerintah Kota Salatiga di masa pandemic Covid-19 dan langkah-langkah strategi komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations atau Humas Pemerintah Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations Pemerintah Kota Salatiga adalah dengan menggunakan sarana media sosial, media massa, spanduk, baliho, videotron, siaran keliling, dan pusat informasi. Dalam menentukan sarana komunikasi yang akan digunakan tersebut, Public Relations Pemerintah kota Salatiga melaksanakan empat langkah strategi komunikasi yaitu: mengenal khalayak, menentukan topik/tema, menyusun narasi, dan akhirnya memilih media yang akan digunakan dalam jangka waktu tertentu.

References

Abidin, Yusuf Zainal. (2015). Manajemen Komunikasi (Filosofi, Konsep, Dan Aplikasi). Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad, Nur. (2015). Radio Sebagai Sarana Media Massa. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 3(2), 33–54.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodelogi Penelitian Untuk Public Relations Kualitatif Dan Kuantitatif. 2nd ed. edited by N. S. Nurbaya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Barlian, Eri. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. 1st ed. Padang: Sukabina Press.

Baskara, Bima. (2020). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Retrieved April, 18, 2021, form Kompas.com website : https://www.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-Covid-19/

Budiansyah, Arif. (2020). Peta Corona Jateng, Ini Daerah Terbanyak Kasus Corona. Retrieved April, 18, 2021, from CNBC Indonesia website : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200323093127-37-146827/peta-corona-jateng-ini-daerah-terbanyak-kasus-corona

Butterick, Keith. (2012). PENGANTAR PUBLIC RELATIONS?: TEORI DAN PRAKTIK. 1st ed. edited by N. Hasfi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Cahyani, Adelia Masrifah. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Melayani Dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi. 10(1), 1–16.

Hasan, Saipullah. (2018). Model Komunikasi Pada Program Csr. Interdisciplinary Journal of Communication 3(1), 59–82.

Herlina, Rita, and Armia Andy. (2020). Pemanfaatan Media Radio Belitung Timur (Rbt 89,7 Fm) Dalam Penyebaran Informasi Virus Covid-19. 9(2),51–66.

Nesia, Andin. (2014). DASAR DASAR HUMAS. 1st ed. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Permana, Dian Ade. (2020). Pedagang Pasar Pagi Salatiga Tetap Berjualan, Tapi Ditata Agar Berjarak. Retrieved April, 28, 2021 from Kompas.com website : https://regional.kompas.com/read/2020/04/28/12325741/pedagang-pasar-pagi-salatiga-tetap-berjualan-tapi-ditata-agar-berjarak

Pratiwi, Dini Restiyanti. (2017). Interaksi Verbal Pada Komunikasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik: Studi Kasus Mahasiswa Pbi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta. Bahastra. 37(2), 1-10.

Purnama, Andry Priyadharmadi, and Akbar Abu Thalib. (2018). Keefektivitasan Videotron Dalam Menyampaikan Pesan Iklan Kepada Masyarakat. Jurnal Dakwah Tabligh. 19(1):44–57.

Rosidin, Udin, Laili Rahayuwati, and Erna Herawati. (2020). Perilaku Dan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Pandemi Covid -19 Di Desa Jayaraga, Kabupaten Garut. Umbara. 5(1):42.

Setiadi, Ahmad. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Humaniora 16(2):1–7.

Setyanto, Yugih, and Paula T. Anggarina. (2017). Public Relations: Membangun Komunikasi Internal Dalam Perusahaan. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 6(1):55.

Silviani, irene. (2020). PUBLIC RELATIONS SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI KRISIS. edited by irene Silviani. Surabaya: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. 3rd ed. edited by S. Y. Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Takaeb, Afrona Elisabeth Lelan. (2019). Gambaran Efektivitas Spanduk Sebagai Media Komunikasi Kesehatan Di Desa Oemasi.Undana Kupang. 1(2), 77–83.

Wirawati, Maulidta Karunianingtyas., Dyah Restuning Prihati., and Endang Supriyanti. (2020). PKM Penyuluhan Keliling Menghadapi New Normal Covid 19 dan Pembagian Masker Pada Kelompok Ibu PKK di RW X dan XI Kelurahan Tambakaji. Jurnal Implementasi Pengapdian Masyarakat Kesehatan. 2(2), 58-62

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Sulistiani, T. N. A., & Lina Sinatra Wijaya. (2021). Strategi Komunikasi Eksternal Public Relations Pemerintah Kota Salatiga di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(1), 25-39. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.597

Issue

Section

Articles