Strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Upaya Perbaikan Citra Melalui Program CSR

Authors

  • Novaldi Hawali Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Popi Andiyansari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.694

Keywords:

Publik Relations, CSR, PT Krakatau Steel, Citra

Abstract

Berdasarkan data pada tahun 2015, PT Krakatau Steel dalam kegiatannya mempunyai 5 sektor bidang UKM dan 6 kegiatan CSR pada bidang Bina Lingkungan. Ihat Sulihat (Muhit) merupakan Mitra Binaan unggulan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang sukses berkat CSR PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada tahun 1997. Fenomena tersebut kemudian kembali dipublikasikan oleh Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam upaya perbaikan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam memanfaatkan CSR Mitra Binaan Sektor Peternakan UKM Bebek Ihat Sulihat sebagai upaya dalam perbaikan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model audit sosial kehumasan untuk menggali informasi secara rinci, lengkap, dan mendalam melalui wawancara.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha Ihat Sulihat yang kini sukses berkat CSR yang dilakukan oleh PT KS pada tahun 1997. Divisi Corcom PT KS kembali melakukan publikasi CSR Ihat Sulihat karena pertengahan 2019 PT KS diterpa permasalahan terkait perusahaan. Pemberitaan Ihat Sulihat kemudian dipublikasi oleh Divisi Corcom PT KS melalui media internal dan eskternal yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menanamkan persepsi positif dipublik internal dan eskternal PT KS.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. (2017). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emeraldina, Melisa. (2010). Corporate Social Responsibility PT Telekomunikasi Indonesia Tbk: Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai CSR Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret. Tidak dipublikasikan.

Famiola, Mella dan Rudito, Bambang. (2013). Corporate Social Responsibility. Bandung: Rekayasa Sains

Hairunnisa. (2019). Buku Ajar Pengantar Humas. Sidoarjo: Indonesia Pustaka

Kartini, Dwi. (2013). Corporate Social Responsibility. Bandung: PT Refika Aditama

Keith, Butterick. (2012). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Laksana, Wijaya dan Mukarom, Zainal. (2015). Manajemen Public Relation. Bandung: CV Pustaka Setia

Pariyanti, Devi . (2011). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Strategi Humas PT KIEC Melalui Program Penghijauan Dalam Penanggulan Dampak Lingkungan Pembuatan Lapangan Golf. Tidak dipublikasikan

Rosady, Ruslan. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rosady Ruslan. (2017). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers

Rusdianto, Ujang. (2013). CSR Communications A Framework for PR Practitioners. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswono, Eko, dan Yuli, T. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan: Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Edisi Kedua Bandung: Alfabeta.

Suwatno. (2018). Pengantar Public Relations Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Hawali, N. ., & Andiyansari, P. (2022). Strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Upaya Perbaikan Citra Melalui Program CSR. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(2), 118-129. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.694

Issue

Section

Articles