Gangguan Komunikasi pada Mahasiswa Pecandu Game Online Mobile Legend
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.910Keywords:
communication disorders, online games, Interpersonal communicationAbstract
Perkembangan teknologi informasi juga merambahke dunia hiburan. Salah satunya hadirnya game online. Tidak jarang hadirnya game online membuat para pemainnya menjadi kecanduan dan mengalami hambatan di dalam berkomunikasi. Penelitian ini ingin menelitin gangguang komunikasi yang dialami oleh para mahasiswa yang kecanduan game Mobile Lagend di IAIN Kerinci. Jenis penelitian, deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan durasi dan frekuensi bermain game yang tinggi mayoritas responden sering menggunakan kata-kata yang tidak sewajarnya dilontarkan, selain itu responden banyak yang tertutup dan susah untuk fokus dalam berinteraksi, karena hanya fokus kepada game saja.
Downloads
References
Amarini, I. (2018). Pencegahan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pengguna Internet. Kosmik Hukum, 18(1). https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v18i1.2340
Aprilianto, T. (2020). Dampak Game Online terhadap Pola Belajar Anak: Studi di Desa Ujung Tanjung III Kabupaten Lebong. Jurnal Hawa?: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 75. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.3286
Aw, S. (2011). Komunikasi interpersonal (Cet 1). Graha Ilmu.
Fauzan, L. A., Chairil, A. M., Wibowo, A. A., Komunikasi, I., Veteran, U., & Timur, J. (2021). Toxic Behavior Sebagai Komunikasi Virtual Pemain Game Online Mobile Legends: Bang Bang. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 32–47. https://play.google.com/store/apps/top/category/GAME
Giandi, A. F., Mustikasari, F., & Arifin, H. S. (2012). Perilaku Komunikasi Pecandu Game Online dengan Menggunakan Game Online. Student E-Journal, 1(1), 39.
Hanindar, M., & Irwansyah. (2021). Pemanfaatan Teknologi Voice Over Internet Protocol (VoIP) Dalam Online Mobile Games. Jurnal Common, 5(1), 25–38. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/common
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304
Liantoni, F., Rosetya, S., Rizkiana, R., Farida, F., & Hermanto, L. A. (2018). Peran Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMA dan SMK Dalam Menghadapi Perkembangan Era Digital. Publikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5618
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Nahar, N., Sangi, S., Baniear Salvam, D. A., Rosli, N., & Abdullah, A. H. (2018). Impak Negatif Teknologi Moden Dalam Kehidupan Dan Perkembangan Kanak-Kanak Hingga Usia Remaja (Negative Impact Of Modern Technology To The Children’s Life And Their Development). UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 5(1). https://doi.org/10.11113/umran2018.5n1.181
Nasution, M. A., Januri, M. R., & Shodikin, M. A. (2022). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Siswa Smpn 1 Puncak Sorik Marapi. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 2(2), 71–83. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/aiccra.v2i2.194
Prakoso, C. D. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Karyawan Travel Terhadap Kinerja Karyawan Zena Travelindo Malang. Universitas Brawijaya.
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. PERSPEKTIF, 7(1), 6. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2520
Saputra, P. (2019). Kemampuan Kontrol Diri Remaja Pecandu Game Mobile Legends Di Kelurahan Kebun Beler Kota Bengkulu [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3577
Tobing, I. T. Y. (2020). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Komunikasi Interpersonal Di Smk Telkom 2 Medan [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44568
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.