PENGEMBANGAN ANTARMUKA PENGGUNA WEBSITE BANK SAMPAH MITRA INSANI MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN (GDD)

Authors

  • Listya Septyan Dani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Putri Septiana Aryanti Universitas Amikom Yogyakarta
  • Lilis Dwi Farida Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2025v7i1.2122

Keywords:

Antarmuka Pengguna, Goal-Directed Design, Bank Sampah, Perancangan Antarmuka, Evaluasi Heuristik

Abstract

Pengelolaan sampah di Indonesia masih menghadapi tantangan besar, terutama sampah rumah tangga. Bank Sampah Mitra Insani hadir sebagai solusi pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah Yogyakarta. Namun, dalam operasionalnya, bank sampah ini membutuhkan sistem informasi yang dapat mendukung kegiatan operasional antara petugas dan nasabah. Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka pengguna website Bank Sampah Mitra Insani menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD), yang terdiri dari beberapa tahap: research, modelling, requirements, framework definition, dan refinement. Hasil penelitian berupa rancangan antarmuka yang ramah pengguna, mudah dipahami, dan efisien. Rancangan divalidasi melalui evaluasi heuristik yang dilakukan oleh lima orang ahli di bidang antarmuka dan memperoleh skor 84% berdasarkan prinsip heuristik Nielsen, dengan sebagian besar variabel berada pada kategori Sangat Baik. Meski demikian, terdapat dua variabel yang masih tergolong Baik, sehingga diperlukan perbaikan pada aspek tertentu. Secara keseluruhan, antarmuka memenuhi kriteria efektivitas, efisiensi, dan kemudahan penggunaan untuk mendukung pengelolaan sampah secara digital.

References

[1] Kementerian Lingkungan Hidup, “Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah,” SIPSN. Accessed: May 27, 2025. [Online]. Available: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

[2] Ahmad Dani Eka Putra and Henny Dwi Bhakti, “Implementasi Website Bank Sampah pada Kelurahan Pekelingan,” Switch : Jurnal Sains dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 4, pp. 12–13, Aug. 2024, doi: 10.62951/switch.v2i4.177.

[3] A. Oktaviani, “Pengembangan Sistem Informasi Bank Sampah untuk Efektivitas Peran Administrator,” Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 12, no. 1, p. 68, 2024.

[4] S. K. Dewi, S. Kemala Dewi, M. Nugroho, and Y. R. Ramadhan, “Perancangan UI/UX Aplikasi Reservasi di Kitchenery Resto and Cafe Purwakarta Menggunakan Metode GDD,” Sep. 2023.

[5] F. S. Rofiq, H. Muslimah Az-Zahra, and D. Pramono, “Perancangan User Interface Sistem Informasi Akademik Sekolah berbasis Website pada SD AL-Manar Surabaya menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD),” 2023. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[6] M. W. A. Prastya, P. Dellia, S. Najib, W. Kusumawati, L. S. Ningsih, and N. Ningsih, “Journal of Artificial Intelligence and Engineering Applications,” Jun. 2024. [Online]. Available: https://ioinformatic.org/

[7] M. R. Sulistyono, A. Setiawan, and N. Nuryanto, “Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Sistem E-Marketplace Berbasis Website,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1364–1376, Jul. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3534.

[8] P. N. Rizqi, I. Kaniawulan, and I. Sulistyo, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DI SMAN 1 PURWAKARTA MENGGUNAKAN GOAL DIRECTED DESIGN,” Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, Aug. 2024, doi: 10.55123.

[9] A. D. Pasha, A. P. Wardhanie, and E. Rahmawati, “Perancangan Desain Antarmuka Website Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Goals Directed Design,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 1–14, Apr. 2023, doi: 10.28932/jutisi.v9i1.5080.

[10] N. Mahendra Putra, I. Sartika, E. Maghfiroh, and N. Y. Setiawan, “Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Web Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),” Feb. 2023. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[11] A. ’ An, C. Anwar, H. Muslimah Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi dan Perancangan Ulang User Interface menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD) pada E-Learning SMKN 1 Sambeng Lamongan,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[12] R. Rotama Marbun et al., “PERANCANGAN USER INTERFACE/USER EXPERIENCE (UI/UX) WEBSITE HELPMEONG UNTUK SHELTER MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN,” Feb. 2022.

[13] A. Keiko Paramasatya et al., “Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Perancangan UI/UX Website Komunitas Teman Bermain Anak dengan Metode Goal-Directed Design UI/UX Design of a Children’s Playmate Community Website using the Goal-Directed Design Method,” 2025. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

[14] F. Baran and S. Muryani, “Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Metode Heuristic Untuk Analisa UI/UX Website SMP Cahaya Harapan 1”, doi: 10.33395/remik.v8i2.13660.

[15] R. Fahrudin and F. Jerico, “PENERAPAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PEMBUATAN APLIKASI MANAJEMEN KLINIK BERBASIS MOBILE,” 2024.

[16] T. L. M. Suyanto, M. K. Fatha, R. K. Sari, M. B. Syahputra, and S. H. Ahsana, “Perancangan Website Sistem Pusat Akses Program Kerja dan Kegiatan Mahasiswa (SPARKS) menggunakan Metode GDD (Goals Directed Design),” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, p. 138, Aug. 2024, doi: 10.25077/TEKNOSI.v10i2.2024.137-144.

[17] D. Widoseno Ardras, A. Voutama, and T. Ridwan, “PERANCANGAN UI/UX BERBASIS WEBSITE PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMK TARUNA KARYA 1 KARAWANG,” 2023.

[18] R. Fahrudin and F. Jerico, “PENERAPAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PEMBUATAN APLIKASI MANAJEMEN KLINIK BERBASIS MOBILE,” 2024.

[19] D. Widoseno Ardras, A. Voutama, and T. Ridwan, “PERANCANGAN UI/UX BERBASIS WEBSITE PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMK TARUNA KARYA 1 KARAWANG,” 2023.

[20] J. Enterprise, Mahir Desain UI/UX dengan Figma. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2024.

[21] L. M. Ginting, G. Sianturi, and C. V. Panjaitan, “Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 11, no. 2, p. 146, Sep. 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i2.5480.

[22] A. Oktafina, F. Arifatul Jannah, M. Fahrur Rizky, M. Verrel Ferly, Y. Dharma Tangtobing, and S. Rahayu Natasia, “EVALUASI USABILITY WEBSITE MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION STUDI KASUS: (WEBSITE DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA XYZ),” Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 15, no. 2, p. 134, Aug. 2021, doi: 10.35457/antivirus.v15i2.1553.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles