Wacana Standar Kecantikan Perempuan Indonesia pada Sampul Majalah Femina

Authors

  • Ghela Rakhma Islamey Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.400

Keywords:

Majalah, Sampul, Femina, Perempuan, Semiotika

Abstract

Peran media dalam kehidupan sosial dapat mempresentasikan berbagai informasi dan ide kepada khalayak. Secara tidak langsung, media telah memberi peran dalam membentuk konstruksi sosial yang berkembang di masyarakat. Tidak dipungkiri pula, media telah turut andil dalam memberikan identitas dari standar kecantikan. Salah satu media cetak hiburan adalah majalah. Di Indonesia, majalah Indonesia beragam jenisnya, namun yang telah cukup lama bergaung di Indonesia dan menjadi kegemaran banyak perempuan Indonesia, yakni majalah Femina. Sebagai daya tarik majalah, sampul majalah merupakan hal yang pertama kali diperhatikan. Sebagai majalah perempuan, Femina memakai wajah perempuan untuk cover majalah mereka. Hal ini dilakukan untuk mempertegas identitas mereka sebagai majalah perempuan. Perempuan dalam sampul majalah Femina adalah perempuan yang dianggap cantik dan sesuai dengan isu yang ada pada majalah tersebut. Tulisan ini membahas konstruksi sampul majalah Femina menampilkan standar kecantikan perempuan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruksitivisme dengan metode semiotik dari Roland Barthes. Sampul majalah Femina mencerminkan bahwa perempuan adalah seorang ibu sekaligus seorang istri, juga memiliki karir yang sukses. Hasil penelitian ini menggambarkan standar kecantikan perempuan Indonesia yang dimunculkan pada majalah Femina adalah muda, berkulit mulus dan putih, bertubuh langsing, menggunakan busana yang sedang tren (high fashion), menggunakan makeup yang tidak berlebihan, dan seksi sekaligus kuat (memiliki power).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss. (2008). Theories of Human Communication Ninth Edition. California: Wadsworth Publishing.

Mulvey, Laura._____. Visual Pleasure and Narrative Cinema.

Rusmana, D. (2014). Filsafat Semiotika: Paradigma, Teori, dan Metode Interpretasi Tanda dari Semiotika Struktural Hingga Dekonstruksi Praktis. Bandung: Pustaka Setia.

Sobur, Alex. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunardi, ST., Djatmiko, Sigit., & Minarni, Anggi. (2002). Semiotika Negativa. Yogyakarta: Kanal.

Tong, Rosemarie Putnam. (2010). Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Aliran Pemikir Feminis. Terj. Aquarini Priyatna Prabasmoro. Yogyakarta: Jalasutra.

Wolf, Naomi. (2004). Mitos Kecantikan: Kala Kecantikan Menindas Perempuan. Yogyakarta: Penerbit Niagara.

Downloads

Published

2020-11-24

How to Cite

Islamey, G. R. (2020). Wacana Standar Kecantikan Perempuan Indonesia pada Sampul Majalah Femina. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2), 110-119. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.400

Issue

Section

Articles