Menata Ulang Bisnis F&B Pasca Pandemi (Studi Kasus: Strategi Komunikasi Pemasaran Sate Taichan “Goreng”)

Main Article Content

Niko Al-Hakim

Abstract

Saat pandemi Covid-19 terjadi, praktik bisnis di seluruh dunia pun terganggu. Dari banyaknya toko ritel yang tutup hingga pasar tradisional, para pelaku bisnis, baik pemain besar maupun kecil menerima pukulan besar yang sama dalam implikasi yang berbeda. Memahami efek global utama yang disebabkan oleh satu virus yang dimulai dari pasar tradisional kecil di Wuhan, F&B didorong untuk tidak hanya beradaptasi, tetapi juga untuk memikirkan langkah maju sambil memastikan mereka tidak kehilangan karyawan dan konsumen mereka melalui strategi komunikasi pemasaran terintegrasi digital yang kreatif. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk memberikan analisis mendalam tentang strategi komunikasi pemasaran Sate Taichan “Goreng” (STG) selama Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Indonesia yang dilakukan di beberapa kota dengan potensi ekonomi tinggi di Indonesia. Dalam penerapannya, STG menggunakan 8 (delapan) model bauran komunikasi pemasaran. Hasilnya, Sate Taichan “Goreng” berhasil dioperasikan dengan penyesuaian normal baru dengan dukungan penerapan strategi cross-channel komunikasi pemasaran yang berkelanjutan. Selain itu, kehidupan normal baru yang mengarah pada “Stay at home” ekonomi juga dinilai memainkan peran utama bagi keberhasilan operasi bisnis STG selama PSBB.


Kata-kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Digitalisasi, Luar jaringan, Pandemi, Bisnis

Article Details

How to Cite
Al-Hakim, N. (2021). Menata Ulang Bisnis F&B Pasca Pandemi (Studi Kasus: Strategi Komunikasi Pemasaran Sate Taichan “Goreng”). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 85-106. https://doi.org/10.24076/pikma.v3i2.462
Section
Articles

References

Arifin. (2021, 25 Januari). Personal Interview.

Arifin, D. (2020, April 13). Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional. Diakses dari https://bnpb.go.id/berita/presiden-tetapkan-covid19-sebagai-bencana-nasional#:~:text=JAKARTA%20%2D%20Presiden%20Joko%20Widodo%20secara,%2D19)%20Sebagai%20Bencana%20Nasional.

Aushaf, R., & Rina, N. (2020). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli sate taichan goreng. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 5(2), 103-109. Diakses dari https://doi.org/10.25124/liski.v5i2.1739.

Badan Pusat Statistik. (2020). Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II-2020. Jakarta, Indonesia: Author

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis hasil survei dampak covid-19 terhadap pelaku usaha. Jakarta, Indonesia: Author

Bayu, D. J. (2020, September 15). 6 Sektor usaha paling terdampak saat pandemi corona. Katadata.co.id. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/6-sektor-usaha-paling-terdampak-saat-pandemi-corona

Belch G.E., & and Belch M.A. (2013). Advertising and promotion: Anintegrated marketing communications perspective. New York, NY: Mc-Graw Hill Education

Douglas, E., dan Staudenmaier, R. (2020, Februari 1). Apa artinya deklarasi "situasi darurat global" dari WHO ?. DW.com. Diakses dari https://www.dw.com/id/apa-artinya-deklarasi-situasi-darurat-global-dari-who/a-52217493

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya

Fachrunnisa, O. (2020). Human-centered design: Model transformasi bisnis era new normal. Dalam Anam, A. K. & Nurhidayati (Ed.). Manajemen bisnis di era pandemi covid-19 & new normal. (Ed. ke-1, pp. 153-171). Unissula Press. Diakses dari http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/210499044/1449Ebook-Webinar_MANAJEMEN_BISNIS_di_Masa_Pandemi_Covid-19_&_New_Normal_.pdf

Hakim, R. N. (2020, April 7). Disetujui menkes, psbb dki jakarta mulai berlaku selasa 7 april 2020. Kompas.com. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/04/07/11582841/disetujui-menkes-psbb dki-jakarta-mulai-berlaku-selasa-7-april-2020?page=all

Hazizah, D., dkk. (2016). Analisis tiga perubahan komunikasi pemasaran melalui iklan (Studi kualitatif pada iklan naratif online “line – nic and mar”). e-Proceeding of Management, 3(2), 2512-2514. ISSN : 2355-9357

Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran. Jakarta, Indonesia: Erlangga

Heryanto, G., & Rumaru, S. (2015). Komunikasi politik: Sebuah pengantar. Bogor, Indonesia: Penerbit Ghalia Indonesia

Ipsos. (2020). Ipsos flair collection | Indonesia 2020. Jakarta, Indonesia: Author

JAKPAT. (2020). Harbolnas 2020: Big sale event – jakpat survey report. JAKPAT Blog. Diakses dari https://blog.jakpat.net/harbolnas-2020-big-sale-event-jakpat-survey-report/

Kaporoh, I. V. (2019). Pengaruh bauran komunikasi pemasaran spotify premium terhadap minat beli konsumen [Skripsi, Universitas Katolik Atma Jaya]

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing management 5th Edition. New York, NY: Pearson Education

Knickrehm, M., Berthon, B. & Daugherty, P. (2016). Digital Disruption: The Growth Multiplier, Accenture, Dublin. Diakses dari https://www.accenture.com/_acnmedia/PDF-4/Accenture-Strategy-DigitalDisruption-Growth-Multiplier.pdf

Liliyana. (2020). Implementasi bauran promosi pada usaha kuliner restoran bumbu desa ciledug di masa pandemi covid-19. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4), 228-243. Diakses dari http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1296

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa (Ed. ke-3). Jakarta, Indonesia: Salemba Empat

Moka Indonesia. (2020, Maret 27). Industri F&B terkena dampak paling signifikan akibat virus corona, sedang pendapatan harian industri ritel terjun bebas. MOKA blog. Diakses dari https://blog.mokapos.com/industri-fb-terkena-dampak-paling-signifikan-akibat-virus-corona

NapoleonCat. (2020, Januari). Instagram users in Indonesia. NapoleonCat.com. Diakses dari https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/01

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi media online sebagai solusi promosi pemasaran umkm di semarang pada masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 33-44. Diakses dari https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848

Prabowo, D. (2020, April 28). "Stay at home economy" diprediksi jadi tren masa depan. Kompas.com. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/04/28/16502341/stay-at-home-economy-diprediksi-jadi-tren-masa-depan.

Prakoso, F. A. (2020). Dampak coronavirus disease (covid-19) terhadap industri food & beverages. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 33(2). Diakses dari https://ejournal.stieibbi.ac.id/index.php/jmb/article/view/81

Putwiliani, F. (2021, Januari 26). UPDATE Corona Indonesia 26 Januari 2021: Total 1.012.350 Positif, 820.356 Sembuh, 28.468 Meninggal. Tribun News. Diakses dari https://www.tribunnews.com/corona/2021/01/26/update-corona-indonesia-26-Januari-2021-total-1012350-positif-820356-sembuh-28468-meninggal?page=3

Rejeki, D. S., dkk. (2020). Peran selebgram (selebriti instagram) terhadap minat beli konsumen. Diakses dari http://eprints.uniska-bjm.ac.id/1943/1/1%20ARTIKEL%20DESY%20SRI%20REJEKI.pdf

Ridhoi, M. A. (2021, Januari 15). Pandemi mengubah masa depan peta pasar tenaga kerja - analisis data katadata. Katadata.co.id. Diakses dari https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/6000175461233/pandemi-mengubah-masa-depan-peta-pasar-tenaga-kerja

SMERU. [n.d.]. Ekonomi Digital untuk Siapa? Menuju Ekonomi Digital yang Inklusif di Indonesia. Diakses dari http://smeru.or.id/id/content/ekonomi-digital-untuk-siapa-menuju-ekonomi-digital-yang-inklusif-di-indonesia

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta

Sumardy, M., dkk. (2011). The power of word of mouth marketing. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama

Tampubolon, F. (2021, 25 Januari). Personal Interview.

TelkomMetra. (2020, Mei 6). Transformasi digital sebagai strategi untuk bertahan di era covid-19. Telkommetra.co.id. Diakses dari https://www.telkommetra.co.id/en/publication/insight/transformasi-digital-sebagai-strategi-untuk-bertahan-di-era-covid-19

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa (prinsip, penerapan, penelitian). Yogyakarta, Indonesia: ANDI

West, R. L. and Turner, L. H. (2017). Introducing Communication Theory: Analysis and Application 6th Edition. New York, NY: Mc-Graw Hill Education

MIT & Capgemini. (2011). Digital transformation: a road-map for billion-dollar organizations. Diakses dari https://www.capgemini.com/wp-content/uploads/2017/07/Digital_Transformation__A_Road-Map_for_Billion-Dollar_Organizations.pdf

Yuswohady. (2020). “Stay @ home” economy. Yuswohady.com. Diakses dari https://www.yuswohady.com/2020/03/25/stay-home-economy/