Peran Masyarakat dalam Promosi Pariwisata Kota Singkawang

Main Article Content

Widha Anistya Suwarso

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam mendukung perekonomian di Indonesia. Keberadaan pariwisata di daerah selain menjadi pemasukan bagi pemerintah juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan para wisatawan. Sehingga pengembangan pariwisata di daerah bukan semata tanggung jawab pemerintah, tetapi juga perlu didukung oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran masyarakat dalam promosi pariwisata Kota Singkawang. Promosi pariwisata merupakan bentuk komunikasi pemasaran dalam pariwisata yang tujuannya untuk memengaruhi target wisatawan agar berkunjung ke daerah wisata yang dipromosikan. Tujuan dari promosi secara spesifik adalah untuk menginformasikan (to inform) dan untuk mempengaruhi (to persuade). Bentuk-bentuk promosi yang dikenal sebagai bauran promosi terdiri dari personal selling, mass selling, promosi penjualan, public relations, dan direct marketing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui metode ini peneliti berusaha mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran masyarakat dalam promosi pariwisata di Kota Singkawang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, peran masyarakat dalam promosi pariwisata Kota Singkawang dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1) mengelola tempat wisata; 2) mengelola media informasi; 3) menciptakan dan memelihara iklim sosial yang kondusif; dan 4) melakukan promosi melalui media sosial. Untuk memaksimalkan peran masyarakat, diharapkan pemerintah lebih proaktif dalam merangkul para penggiat dan masyarakat umum yang terlibat dalam promosi pariwisata Kota Singkawang.


Kata kunci: Peran Msyarakat, Promosi Pariwisata, Kota Singkawang

Article Details

How to Cite
Suwarso, W. A. (2021). Peran Masyarakat dalam Promosi Pariwisata Kota Singkawang. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 146-156. https://doi.org/10.24076/pikma.v3i2.474
Section
Articles

References

Bungin, Burhan. (2008). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati, Vien. (2019, Februari 19). Perayaan Cap Go Meh Singkawang Sukses Gaet Wisatawan Mancanegara. iNewa.id. Diakses dari https://www.inews.id/travel/destinasi/perayaan-cap-go-meh-singkawang-sukses-gaet-wisatawan-mancanegara/464525.

Herat, Rizki Andini dkk. (2015). Peran Bidang Promosi Dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai. E-journal Acta Diurna, 4 (4). Diperoleh melalui https://media.neliti.com/media/publications/89559-ID-peran-bidang-promosi-dan-pemasaran-dinas.pdf

Kriyantono, Rakhmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Linasari, Festi dkk. (2014). Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dan Kunjungan Wisatawan Di Bangkalan. Diperoleh melalui jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/representamen/article/download/1455/1243

Mayasari, Dianoor. (2014). Strategi Promosi Pariwisata Pulau Derawan (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Promosi Dinas Pariwisita Kabupaten Berau Kalimantan Timur Dalam Upaya Menjadikan Pulau Derawan Sebagai Tujuan Wisata). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diperoleh melalui http://eprints.ums.ac.id/39811/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Oxtora, Rendra. (2019, Februari 19). Menpar siap angkat pariwisata Singkawang jadi kelas dunia. Antara Kalbar. Diakses dari https://kalbar.antaranews.com/berita/373923/menpar-siap-angkat-pariwisata-singkawang-jadi-kelas-dunia

Rakhmat, Jalaludin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sembiring, Junaidi Pranata. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung. Jurnal Simbolika, 2 (1), 1-22. Diperoleh melalui https://ojs.uma.ac.id/index.php/article/download/223/171