Efektivitas Media Sosial Akun Instagram @detikcom dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Authors

  • Nadia Ayu Puspita a:1:{s:5:"en_US";s:9:"Mahasiswa";}

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.588

Keywords:

Efektivitas , Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi

Abstract

@detikcom adalah akun Instagram resmi detik.com yang merupakan sebuah web berisi berita dan artikel dalam jaringan di Indonesia. @detikcom membagikan kembali informasi yang telah dibagikan sebelumnya pada portal web berita detik.com pada halaman akun tersebut agar para followers dapat mengetahui perkembangan berita melalui beranda Instagram. Peneliti memilih followers aktif akun instagram @detikcom sebagai subjek penelitian karena terkait keaktifan mengikuti informasi akun tersebut, akan lebih besar kemungkinan informasi yang didapatkan. Penelitian_ini bertujuan untuk_mengetahui dan melihat adakah_pengaruh­_antara efektivitas dan penggunaan media sosial akun instagram @detikcom dengan pemenuhan kebutuhan informasi followersnya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan paradigma positivistik dan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 385 responden yang dianggap representatif atau mewakili seluruh populasi penelitian. Teori_yang_digunakan peneliti_adalah_teori uses and gratification, dan kebutuhan informasi. Hasil menunjukan interpretasi nilai)koefisien_korelasi variabel efektivitas sebesar 0,786 berada pada rentang 0,60 – 0,799 yang menunjukan hubungan yang kuat dan variabel penggunaan media sosial sebesar 0,819 berada pada rentang 0,80 – 1,000 yang menunjukan hubungan yang sangat kuat. Pada uji F diperoleh Fhitung > Ftabel= 500,434 > 0,004 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yang menunjukan arah pengaruh efektivitas dan penggunaan media sosial positif yang dapat berarti terdapat pengaruh_yang_signifikan_secara_parsial dan simultan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers akun instagram @detikcom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berdasarkan_hasil_penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya maka peneliti menarik kesimpulan_bahwa_terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel efektivitas dan variabel penggunaan_media_sosial terhadap_kebutuhan_informasi followers akun instagram @detikcom, dan arah pengaruh variabel X1 dan X2 yaitu efektivitas dan penggunaan media sosial positif. Hasil tersebut menunjukan telah adanya penggunaan media sosial serta akun instagram @detikcom sudah efektif dalam pemenuhan kebutuhan informasi followers nya.

DAFTAR PUSTAKA

Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Dahono, Y. (2021, February 21). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Berita Satu. Diakses dari https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Digital Trends 2020: Every Single Stat You Need to Know About The Internet. (2020, January 30). Diakses dari https://thenextweb.com/growth-quarters/2020/01/30/digital-trends-2020-every-single-stat-you-need-to-know-about-the-internet/

Firmansyah. Startngage. (2020, September 01) 10 Media Berita Digital Popular di Indonesia. Diakses dari https://starngage.com/10-media-berita-digital-populer-di-indonesia/

Novianto, Iik. (2013). Perilaku Penggunaan Internet di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif tentang Perilaku Penggunaan Internet di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (FISIP Unair) dengan Perguruan Tinggi Swasta (FISIP UPN) untuk Memenuhi Kebutuhan Informasinya). Vol. 2,. No. 1. Jurnal Libri-Net.

Riduan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Samatan, Nuriyati. (2018). Riset Komunikasi II. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_____. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Puspita, N. A. (2022). Efektivitas Media Sosial Akun Instagram @detikcom dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(2), 112-117. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.588

Issue

Section

Articles