PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING PADA APLIKASI CHATBOT SEBAGAI ALAT BANTU CUSTOMER SERVICE
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i1.404Keywords:
Kecerdasan buatan, bahasa alami, chatbot, customer service virtual, NLP, Fuzzy String MatchingAbstract
Informasi mengenai Akademik adalah bagian sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dimana informasi Akademik tersebut diperoleh salah satunya dengan kosultasi langsung dengan customer service. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap beberapa mahasiswa. mahasiswa memperoleh informasi Akademik dengan cara berkunjung ke kampus dan bertanya langsung terhadap customer service.Penyampaian informasi Akademik tersebut dirasa kurang karena keterbatasan oleh waktu jam buka kampus, sedangkan banyak mahasiswa sangat membutuhkan informasi Akademik dan konsultasi Akademik dengan cepet dan tidak mau terikat oleh waktu buka kampus, bahkan mahasiswa mengalami masalah Akademik disaat kampus sudah tutup, dan membutuhkan konsultasi customer service. Dengan permasalahan tersebut maka banyak mahasiswa yang salah terima dalam mencerna informasi dari akademik. Untuk menyampaikan informasi Akademik yang tidak terikat oleh waktu buka kampus, Universitas AMIKOM Yogyakarta memerlukan suatu alat media layanan informasi Akademik yang dapat merespon setiap pertanyaan mahasiswa tanpa ada keterbatasan waktu dan jumlah customer service. Pada penelitian ini solusi yang diusulkan untuk masalah tersebut salah satunya dengan cara membangun sebuah aplikasi chatbot informasi Akademik (customer service virtual) dengan pendekatan Natural Language Processing dengan menggunakan medote Fuzzy String Matching sebagai media penalarannya. Teknologi chatbot merupakan salah satu bentuk aplikasi Natural Language Processing, NLP itu sendiri merupakan salah satu bidang ilmu Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence ) yang mempelajari komunikasi antara manusia dengan komputer melalui bahasa alami.
Downloads
References
Ian Sommerville , “Software Enguneering Ninth Edition” , Pearson, 2009
Sri Kusumadewi. “Artificial Intelegence (Teknik dan Aplikasinya)”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003
Brano Marki?, Sanja Bijakši?, dan M. Šanti?, “Artificial Intellegence in Determination of Marketing Customer Strategy”, Journal of Informatologia. Mar 2015, Vol. 48 Issue 1/2, p39-47. 9p, 2015
P.H. Liao, P.T. Hsu, W. Chu, dan, W.C. Chu, “Applying artificial intelligence technology to support decision-making in nursing: A case study in Taiwan”, Health Informatics Journal. Jun 2015, Vol. 21 Issue 2, p137-148. 12p, 2015
E. Joffe, E. Pettigrew, J. Herskovic, C. Bearden, dan E. Bernstam, “Expert guided natural language processing using one-class classification”, Journal of the American Medical Informatics Association, Sep 2015, Vol. 22 Issue 5, p962-966. 5p. 1 Diagram, 2 Charts, 2015
M . Selway, G. Grossman, W. Mayer, dan M. Stumptner, “Formalising natural language specifications using a cognitive linguistic/configuration based approach”, Journal of Information Systems. Dec 2015, Vol. 54, p191-208. 18p, 2015
K.. Abainia, S. Ouamour, dan H. Sayoud, “Effective language identification of forum texts based on statistical approaches”, Journal of Information Processing & Management. Jul 2016, Vol. 52 Issue 4, p491-512. 22p, 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.