IMPLEMENTASI MULTI ENKRIPSI ROT 13 PADA SYMBOL WHATSAPP

Authors

  • Redho Maland Aresta Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Ero Wahyu Pratomo Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Vicky Geraldino Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Joko Dwi Santoso Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Sri Mulyatun Universitas AMIKOM Yogyakarta

Keywords:

Kriptografi, ROT13, Multi Enkripsi, ASCII, Symbol

Abstract

Kemajuan teknologi membuat berbagai layanan komunikasi tumbuh dengan pesat. Dengan ini memungkinkan ribuan orang melakukan komunikasi melalui jaringan komputer secara global. Di sisi lain terdapat ancaman dalam keamanan data dan informasi. Sistem keamanan data diperlukan untuk melindungi data dan informasi melalui jaringan komunikasi. Untuk menjamin keamanan pesan, data dan infotmasi dalam pertukaran data adalah kriptografi. Kriptografi menggunakan algoritma pengkodean yang mendukung kebutuhan keamanan informasi, yaitu kerahasiaan dan keaslian. Dalam aplikasi kriptografi ini menggunakan metode ROT13, yang merupakan algoritma kritografi klasik yang sudah terpecahkan. Maka dari itu dengan aplikasi kroptografi dengan metode baru, yaitu multi enkripsi ROT13. Multi enkripsi pada ROT13 adalah penggabungan teknik ROT13 dengan kode ASCII yang akan merubah sebuah pesan menjadi symbol. Ini merupakan algoritma kriptografi klasik baru sehingga akan sulit dipecahkan karena menggunakan metode multi enkripsi.Keywords—component, formatting, style, styling, insert.

References

R. Rheinadi, Multi ROT-V13 Cipher , Sebuah Algoritma Kriptografi Klasik Multi Enkripsi Baru,2012.

R. Rahmawati and D. Rahardjo, Aplikasi Pengamanan Data Menggunakan Algoritma Steganografi Discrete Cosine Transform Dan Kriptografi AES 128 BIT Pada SMK PGRI 15 Jakarta,J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 67–74, 2016.

M. Zainudin Zuhri, Implementasi Algoritma Rot13 Dan Elgamal Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Pesan Rahasia,Univ. Nusant. Pgri Kediri, 2018.

C. D. A. N. Root, Analisa implementasi aplikasi keamanan file audio wav dengan menerapkan algoritma beaufort cipher dan root 13,vol. 18, pp. 372–379, 2019.

F. A. Sinaga and Mesran, Implementasi algoritma rot13 dan algoritma caesar chiper dalam penyandian teks,Pelita Inform. Budi Darma, vol. 16, no. Rotate 13, pp. 38–41, 2017.

Safaat, Pemrograman Aplikasi mobile Smartphone dan tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika, 2012.

Doni, Ariyus, , Pengantar Ilmu Kriptografi Teori, Analisis, danImplementasi, Andi, Yogyakarta, 2008.

Andy,Nugroho., Implementasi Algoritma Caesar Chiper ROT13 dan base64 untuk enkripsi dan dekripsi pesan SMS pada handphone berbasis Android,. STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, 2012.

Downloads

Published

2020-07-04

How to Cite

Redho Maland Aresta, Ero Wahyu Pratomo, Vicky Geraldino, Joko Dwi Santoso, & Sri Mulyatun. (2020). IMPLEMENTASI MULTI ENKRIPSI ROT 13 PADA SYMBOL WHATSAPP. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, 2(1), 1-5. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/158

Issue

Section

Articles