ANALISIS KOMPARATIF EFEKTIFITAS PROSES RENDER DALAM PEMBUATAN OBYEK 3D ANIMASI MOTION GRAPHIC

Authors

  • Dwi Rahayu Universitas Amikom Yogyakarta
  • Sri Mulyatun Universitas Amikom Yogyakarta
  • Bimo Waskito Bayu Aji Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2024v5i2.1417

Keywords:

Animasi, Waktu Render, Raster, Vektor

Abstract

Aplikasi dan teknik pembuat animasi motion graphic cukup beragam. Salah satu aplikasi popular saat ini Adobe After Effect. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mengolah gambar gerak 2 dimensi. Dalam animasi motion graphic terkadang dibutuhkan ilustrasi 3 dimensi untuk mendukung kejelasan konten. Dalam penelitian ini akan membandingkan membandingkan kebutuhan RAM pada saat render yang berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan untuk proses render. Dengan bahan grafis vektor dan raster, permodelan 3D planet bumi dibuat menggunakan teknik masking dan penerapan efek. Teknik pembuatan mempengaruhi hasil gambar, meski menggunakan bahan yang sama. Dimungkinkan bahan grafis maupun teknik pembuatan mempengaruhi detail physical memori RAM yang digunakan yang berkiatan dengan waktu yang dibutuhkan untuk proses render.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Uttara G, Lena Y, Sowmya S, Peter C, The Cross-Sensory Globe: Participatory Design of a 3D Audio-Tactile Globe Prototype for Blind and Low-Vision Users to Learn Geography. DIS ‘19, June 23-28, 2019, San Diego, CA, USA, ACM 978-1-4503-5850-7/19/06.

Ahmed El-Meselhy, Georgy Mitrofanov, Alaa Nayef, Lithostratigraphic identification using 3D geophysical/hydrogeological modeling for monitoring the aquifer's vulnerability to contamination in El-Oweinat, Egyp. Elsevier The Egyptian Journal of Remote Sensing and Space Science 25 (2022) 887-901.

Jason P. C, Kayla M. Trautman-Buckley, Kathryn Evey, Leah Labranche. Novel development of a 3D digital mediastinum model for anatomy education. Elsevier Translational Research in Anatomy 26 (2022) 100158.

Takikawa Towaki, Litalien Joey, Yin Kangxue, dkk. Neural Geometric Level of Detail: Real-time Rendering with Implicit 3D Shapes. CVPR 2021, final published versions of the proceedings on IEEEXplore.

Lei T, Shen Y, Lin Li, Filip B, Haihong Z, Yi Zhu, Fan Yang, Fei Su. An application-driven LOD modeling paradigm for 3D building models, Elsevier ISPRS Journal of Photogrammetry and Remote Sensing 161 (2020) 194-207.

Kivi petrus E.J., Makitalo J. Markku, Zandik Jakub, Ikkala Julius, Vadakital K. M. Vinod, Jaaskelainen O. Pekka. Real-time Rendering of Point Clouds with Photorealistic Effect: A Survey. Volume 10, 2022, Digital Object Identifier 10.1109/ACCESS.2022.3146768. IEEE Access, 13151-13173

Li Tzu-Mao, Lukac Michal, Gharbi Michael, Ragan-Kelley Jonathan. Differentiable Vector Graphics Rasterization for Editing and Learning. ACM Trans. Graph, Vol.39, No.6, Article 193. Publication date: December 2020.

Rizal M., Butsiarah, B., dan Pahany, M.A. (2021). Perancangan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi Stmik AKBA. Jurnal of Information System Management, Vol.3, No.1. hal 8-15. E-ISSN: 2715-3088

Hamzah Alifia, Gunawan Wawan, Undiana N.N. (20223). Analisis Komparatif Teknik Penceritaan dan Pengembangan Karakter pada Film Mencuri Raden Saleh dan Ocean’s Eleven. Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, Vol. 5, no.1, Hal: 49-58, e-ISSN: 2745-9454.

Hanan El-Sherbiny. Realism and 3D Graphics in UI Designs and Social Media Platforms (Trend of 2020/21), JAARS – Volume 3 - Issue 5 - June 2022, Pages 138-153.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Rahayu, D., Mulyatun, S. ., & Aji, B. W. B. (2024). ANALISIS KOMPARATIF EFEKTIFITAS PROSES RENDER DALAM PEMBUATAN OBYEK 3D ANIMASI MOTION GRAPHIC. Journal of Information System Management (JOISM), 5(2), 199 - 203. https://doi.org/10.24076/joism.2024v5i2.1417

Issue

Section

Articles