Strategi Marketing Public Relations PT Lotte Indonesia dalam Memperingati Hari Ibu

Main Article Content

Robbikal Muntaha Meliala

Abstract

PT Lotte Indonesia adalah perusahaan multinasional yang memproduksi makanan ringan di Indonesia sejak 1993. Namun perusahaan ini berpusat di Jepang dan sudah didirikan sejak 1948. Salah satu produksi makanan ringannya adalah biskuit coklat “Lotte Choco Pie”. Fungsi kehumasan di perusahaan ini dijalankan oleh Manajer Marketing yang juga membawahi Departemen Sales, sehingga kegiatan marketing pada perusahaan ini tidak hanya melakukan fungsi “business to business” saja namun melakukan kegiatan bauran public relations juga, sehingga konsep Marketing Public Relations berlaku pada penelitian ini. Upaya marketing public relations PT Lotte Indonesia akhir-akhir ini adalah menyelenggarakan acara spesial “Lotte Choco Pie Idol 2020”. Kegiatan ini sejenis pencarian bakat pada kompetisi menyanyi yang ditujukan pada anak anak berusia 6-12 tahun dimana diwajibkan untuk menyanyikan lagu bertema “ibu” dan divideokan lalu diunggah di Youtube pada periode 26 November 2020 hingga 12 Desember 2020. Acara grand final dilakukan pada 20 Desember 2020 sekaligus mengumumkan untuk 3 peserta terbaik dan beragenda seminar tentang kenali potensi anak yang menghadirkan psikolog anak, Rininta Meyftonaria. Metode Penelitian: Penelitian berpendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kesimpulan: PT Lotte Indonesia berhasil mengadakan acara khusus pada masa pandemic covid 19 dengan menggunakan jasa konsultan humas “Jeune & Raccord” dengan bauran sistem tatap muka dan dalam jaringan internet. Lotte Choco Pie Idol 2020 terpilih adalah Lawrence Oktavianus, mendapat hadiah 10 Juta Rupiah dan Single terbaru berjudul “My Supermom”. PT Lotte Indonesia berhasil mengimplementasikan strategi pull dan pass marketing public relations untuk mempromosikan Lotte Choco Pie sebagai merek produk yang mengutamakan kedekatan ibu dan anak.


Kata-kata Kunci: Acara Khusus, Marketing Public Relations, Strategi


 

Article Details

How to Cite
Meliala, R. M. (2021). Strategi Marketing Public Relations PT Lotte Indonesia dalam Memperingati Hari Ibu . Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 128-145. https://doi.org/10.24076/pikma.v3i2.461
Section
Articles
Author Biography

Robbikal Muntaha Meliala, Universitas Bina Sarana Informatika

Foto Robbikal Muntaha Meliala

References

Buku:

Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations:Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations : Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media Group.

Harris, Thomas L. (2006). The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century. Canada : Toronto Public Library

Ihsan, Rosyidi, A. (2018). Strategi Marketing Public Relations Lembaga Amil Zakat dalam Menarik Donatur Berdonasi. 3, 1–24.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2016). DASAR - DASAR PUBLIC RELATION (10th ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Jurnal Online:

H Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi. Edutech : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(1), 117–132. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/990

Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreneurship, 9(2), 102–115. Retrieved from http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/115

Hartono, N. A., Dida, S., & Hafiar, H. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Special Event Jakarta Goes Pink Oleh Lovepink Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(2), 161. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2519

Linawarti, M, dkk. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1-8. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/604/588

Mayasari, S., Purihastine, M., & Qibtiah, A. (2019). Strategi Public Relations PT Kasoem Hearing Dalam Mempublikasikan Kasoem Exhibition 2018 Kepada Masyarakat Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(1), 56–63. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5094

Maulana, H. (2018). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan : Studi Kasus terhadap Mahasiswa yang Berwirausaha di Yogyakarta. Jurnal Ecodemica. 2 (1). 21-129. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2666

Udang, P., Pt, B., Mina, M., Aurora, N.,Mustika, P. T., Nusa, M., Tarakan, A., &Borneo, N. (2015). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI TARAKAN

,KALIMANTAN UTARA SWOT

Analysis in Determining The Marketing Strategy OF Frozen. 4(1), 60–67.

Virganantir, Septianie. (2017). Evaluasi Special Event Temu Pelanggan di PT Jasa Marga (Persero), Tbk Cabang Surabaya –Gempol. Jurnal E Komunikasi, 5 (2), 1-11. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/7082/6432

Sumber Lain :

https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/slider/e56dc-15242-profil-anak-indonesia_-2019.pdf