PENGGUNAAN METODE TAM DAN EUCS UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENERIMAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRATIS KABEH

Authors

  • Sheila Rosiana Universitas Amikom Purwokerto
  • Dwi Krisbiantoro Universitas Amikom Purwokerto
  • Sarmini Universitas Amikom Purwokerto
  • Abdul Azis Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1072

Keywords:

TAM, EUCS, Penerimaan, Aplikasi, Gratis Kabeh

Abstract

Aplikasi “Gratis Kabeh” digunakan sebagai bentuk layanan masyarakat dalam melakukan proses pencatatan kependudukan secara online sehingga masyarakat tidak harus datang langsung ke kantor kecamatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi “Gratis Kabeh” menggunakan metode TAM dan EUCS. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online kepada responden yang merupakan masyarakat wajib KTP di wilayah Kecamatan Somagede, dan proses analisis data menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari 8 hipotesis yang diuji terdapat 2 hipotesis yang diterima dan 6 ditolak, terdapat pengaruh positif antara variabel attitude terhadap acceptance dan variabel acceptance terhadap satisfaction dengan masing-masing nilai 8.467 dan 8.889. Bukti ini juga menunjukkan bahwa sikap penerimaan pengguna terhadap aplikasi gratis kabeh berpengaruh berpengaruh positif terhadap tingkat penerimaan pengguna dan pada akhirnya pengguna merasakan kepuasaan terhadap penggunaan aplikasi gratis kabeh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Napitupulu, D., Lubis, M. R., Revida, E., Putra, S. H., Saputra, S., Negara, E. S., dan Simarmata, J. (2020). E-Government: Implementasi, Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Irawan, A., Pohan, F. R., & Fofid, S. P. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Distrik Merauke. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 13(02), 149-167.

Nasrullah, N. (2017). Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance dan Smart City (Studi Kasus: Pemerintah Kota Makassar). E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 6(2), 23-31.

Deka, Z. L. L. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Government Di Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Mauldan, R. D. (2022). Pengaruh keyakinan, sikap, dan perilaku terhadap penggunaan aplikasi gratis kabeh dindukcapil kabupaten banyumas tahun 2021. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah

Hidayat, E. S. (2019). Kinerja Pelayanan Birokrasi Dalam Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).

Nurlea, D. L. (2017). Inovasi layanan kepolisian (studi tentang layanan panic button on hand untuk masyarakat dilihat dari perspektif pelayanan prima di Polres Malang Kota). Disertasi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Meha, R. H. (2019). Analisis kepuasan pengguna sistem informasi akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fauzan, R. D. Analisis kepuasan pengguna aplikasi mobile pelayanan pelanggan telekomunikasi menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) (Bachelor's thesis, Perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta).

Adha, F. L. Y., Hamzah, M. L., Maita, I., Megawati, M., & Marsal, A. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 18(2), 196-205.

Hilmi, M. H. (2018). Pengukuran tingkat penerimaa n pengguna akhir kimia farma employe service technology (kifest) menggunakan pendekatan technology acceptance model (tam) dan end user computing satisfaction (eucs)(studi kasus: Pt kimia farma (persero) Tbk.) (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Muntianah, S. T., Astuti, E. S., & Azizah, D. F. (2012). Pengaruh Minat Perilaku Terhadap Actual Use Teknologi Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)(studi kasus pada kegiatan belajar mahasiswa fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya malang). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Nerisafitra, P. U., & Susanto, F. A. U. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Menggunakan Website Pembelajaran dengan Technology Acceptance Model (TAM). Journal Information Engineering and Educational Technology) ISSN, 2549, 869X.

Tony Sitinjak, M. M. (2019). Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2).

Anwar, A. (2017). Analisis Penerimaaan Pemustaka Terhadap Institutional Repository Berbasis E-Prints di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Sebuah Pendekatan Integratif antara Technology Acceptance Model dan End User Computing Satisfaction. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rizki, M., Khulidatiana, K., Kusmanto, I., Lubis, F. S., & Silvia, S. (2022). Aplikasi End User Computing Satifaction pada Penggunaan E-Learning FST UIN SUSKA. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 19(2), 154-159.

Nurdiansyah, Y., Wulandari, E. P. A., & Wulandari, D. A. R. (2020). Analisis Faktor Kepuasan Pengguna Layanan Website SKCK Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). INFORMAL: Informatics Journal, 5(2), 72-76.

Imron, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distibusi Data dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal studi komunikasi dan media, 21(1), 111-126.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Rosiana, S., Krisbiantoro, D., Sarmini, S., & Azis, A. (2023). PENGGUNAAN METODE TAM DAN EUCS UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENERIMAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRATIS KABEH. Journal of Information System Management (JOISM), 5(1), 19 -24. https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1072

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>