SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

Studi Kasus: SMK Ma'arif 1 Kroya

Authors

  • Meiftahudin Triyas Subarkah Universitas Amikom Purwokerto
  • Dwi Krisbiantoro Universitas Amikom Purwokerto
  • Abdul Jahir Universitas Amikom Purwokerto

Keywords:

Sistem Informasi, Prakerin, Waterfall, UML

Abstract

SMK Ma’arif 1 Kroya adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Kecamatan Kroya yang sudah terakreditasi A. Dalam pelaksanaan kegiatan prakerin pada SMK Ma’arif 1 Kroya mulai dari pengajuan, pencatatan jurnal harian siswa, bimbingan,  dan penilaian masih dikelola dengan cara manual dan belum terkomputerisasi. Dengan adanya pengelolaan yang seperti ini, kegiatan prakerin akan lebih beresiko mengalami kesalahan. Hal tersebut juga ditambah dengan meningkatnya data setiap waktu, sehingga proses pencarian data dan pengelolaan akan sulit dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem informasi yang memiliki basis data sehingga dapat memperlancar kegiatan prakerin. Dalam penelitian ini, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dan metode perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan perangkat lunak Sistem Manajemen Basis Data MySql. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pengelolaan prakerin dengan 3 pengguna yaitu administrator, siswa sebagai peserta prakerin, dan guru pembimbing.

References

G. M. Marakas and J. A. O'Brien, Pengantar sistem informasi, 2017

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi, 2012

R. Sampar and S. Priyanto, Hubungan antara Prestasi Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha, Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, pp. 84-90, 2018.

A. Gani and W. Baye, Sistem Informasi Praktek Kerja Industri pada SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 52-56, 2018.

A. A. Rahman and N. M. C. Pertiwi, Sistem Informasi Prakerin dengan Metode Push Notification pada Bagian Hubungan Industri (HUBIN) di SMK Matla’ul Anwar Kopo Bandung, Jurnal Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2018.

Yakub, Pengantar sistem informasi, 2012

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, 2018

A. S. Rossa and M. Shalahuddin, Rekayasa perangkat lunak (terstruktur dan berorientasi objek, 2013

Sudaryono, Metode Penelitian, 2017.

Downloads

Published

2020-07-04

How to Cite

Subarkah, M. T., Krisbiantoro, D., & Jahir, A. (2020). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI: Studi Kasus: SMK Ma’arif 1 Kroya. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, 2(1), 43-51. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/219

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)