EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION
STUDI KASUS : UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.473Keywords:
E-Learning, EUCS, EvaluasiAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi akan mendorong masyarakat untuk meningkatkan kemampuan teknologi. Sebagai sebuah institusi, Universitas Amikom Purwokerto menerapkan sistem pembelajaran secara online dengan memanfaatkan sistem E-Learning. Masalah yang ada pada sistem e-learning di Universitas Amikom Purwokerto masih terdapat pengguna yang kesulitan dalam memahami dari sisi format (bentuk) struktur menu yang ada seperti portofolio, my workspace, my competence, dan learning progress. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi kepuasan pengguna sistem E-Learning di Univeristas Amikom Purwokerto pada variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Peneliti akan melakukan evaluasi kepuasan pengguna sistem E-Learning menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dari populasi mahasiswa aktif dan dosen Universitas Amikom Purwokerto. Dalam pengumpulan data kuesioner, peneliti menggunakan link google form untuk dibagikan ke responden. Hasil dari uji hipotesis yang diajukan terdapat 3 variabel yang menunjukkan hipotesis diterima dan mempunyai pengaruh yang signifikan, yaitu variabel content (isi), accuracy (akurat), dan ease of use (kemudahan penggunaan). Variabel format dan timeliness tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction).
Downloads
References
Zakky, Pengertian evaluasi definisi fungsi, jenis-jenis dan tahapannya. Diambil dari www.zonarefrensi.com/pengertian-evaluasi/. diakses pada 24 Desember 2020.
M. Rizan, Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus Pada T3-Online). Gorontalo : Ideas Publishing, pp. 1-73, 2018.
W. J., Doll & G, Torkzadeh, The measurement of end-user computing satisfaction. MIS quarterly. 12(2). pp. 259-274, 1998.
I. G. N. S. Wijaya & I. W. K. Suwastika, Analisis kepuasan pengguna elearning menggunakan metode end-user computing satisfaction. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, pp. 558-562, 2017.
A. Michael, Michael Allen’s Guide to E-learning. Kanada: John Wiley dan Sons, 2013.
C. N. Hidayah, Analisis kepuasan penerimaan pengguna akhir sistem Cashier diditributor Center (CDC) menggunakan End User Computing Satisfication EUCS. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana, 2016.
P. Viandra, T. Sriwahyuni, & M. Anwar, Analisis kepuasan pengguna aplikasi penilaian prestasi kerja (SKP Online) menggunakan metode Human Organization Technology (HOT) FIT Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Padang. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 5(2), pp. 121-128, 2017.
D. Priyatno, SPSS panduan mudah olah data bagi mahasiswa & umum. Yogyakarta : Andi Offset, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.