PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN SEBAGAI UPAYA MEMBANTU BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR
Studi Kasus: SMK Bina Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2022v3i2.615Keywords:
Media pembelajaran, Android, Adobe Animate, Sistem pengapianAbstract
Multimedia pembelajaran interaktif dapat dijadikan sebuah metode pembelajaran yang dapat membantu dunia pendidikan salah satunya tentang sistem pengapian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Bina Mandiri yang bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi sistem pengapian berbasis android menggunkan software adobe animate yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan kuisioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keberhasilan dalam uji coba pembuatan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif sistem pengapian berbasis android yang dibuat menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini sudah dilakukan uji coba. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan pengujian Alpha dan pengujian Beta, dalam pengujian Alpha menunjukan hasil tampilan materi dapat menampilkan visualisasi gambar yang sesuai dengan materi dalam buku dan hasil dari perhitungan skala Likert dalam pengujuan Beta yang diperoleh 93% yang termasuk kategori baik.
Downloads
References
A. Y. Utomo and D. Ratnawati, “Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk,” Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 68, 2018, doi: 10.30738/jtvok.v6i1.2839.
M. Pritandhari, “PENERAPAN KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO,” PROMOSI (Jurnal Pendidik. Ekon., vol. 4, no. 2, Dec. 2016, doi: 10.24127/ja.v4i2.631.
M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, Jan. 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
F. Fatkhannudin and S. Suwahyo, “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, vol. 12, no. 1. p. 125925, 2012.
R. Wijaya, S. Suratno, and H. Budiyono, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR,” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 2, no. 4, pp. 513–523, Mar. 2021, doi: 10.31933/jimt.v2i4.462.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.